Daftar Penyakit yang Bisa Ditularkan oleh Kucing, Waspada Sejak Sekarang

Daftar Penyakit yang Bisa Ditularkan oleh Kucing, Waspada Sejak Sekarang

Kucing  menjadi salah satu hewan peliharaan yang sering dipelihara manusia. Meskipun menggemaskan namun kucing sebenarnya bisa menularkan penyakit kepada manusia yang memeliharanya.

Selain menularkan penyakit, kontak dengan kucing seperti gigitan dan cakar kucing dapat menyebabkan infeksi pada manusia. Khususnya kucing liar yang berada di luar rumah. Menurut Verywell Health, berikut ini penyakit kucing yang bisa menular kepada manusia.

1. Kurap

Penyakit kurap atau dermatophysis disebabkan oleh jamur. Tanda infeksi akibat kurap di bagian kucing dengan adanya bercak bersisik di bagian kulit. Biasanya kurap tidak terlihat karena tertutup bulu.

Anak-anak yang memegang kucing yang menderita kurap bisa tertular dengan mudah. Infeksi jamur ini terjadi pada anak kucing, kucing tua, atau kucing sakit. Kucing dengan bulu panjang juga bisa terkena infeksi jamur.

Anak Memegang Kucing (Deposit Photo)

2. Salmonella

Salmonella adalah penyakit yang bisa ditularkan kucing kepada manusia. Infeksi ini menyebabkan demam, sakit, perut, muntah, diare, dan gejala lainnya pada manusia. Kucing bisa terkena salmonella dari makanan yang kucing makan.

3. Toksoplasmosis

Kucing menyebarkan virus Toksoplasmosis.Toksoplasmosis adalah infeksi parasite kepada manusia. Infeksi ini memang biasanya sembuh sendiri. Gejala Toksoplasmosis terasa seperti fulu dan menyebabkan kelenjar bengkak. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"