Kelenjar getah bening ada dalam tubuh manusia, ia memiliki bentuk yang kecil dan sulit diraba. Dalam keadaan tak normal, kelenjar ini bisa berbahaya loh.

Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang ada dalam tubuh kita, kelenjar ini memiliki bentuk yang bulat dan dilingkupi oleh kapsul jaringan ikat.

Kelenjar getah bening berperan sebagai penyairan cairan limfa atau getah bening, lalu cairan ini akan beredar ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh limfa. Namun, dalam keadaan yang tak biasa atau tak normal, kelenjar getah bening bisa memicu adanya pembengkakan. Nah, pembengkakan ini merupakan kondisi terjadinya pembengkakan pada bagian tersebut karena penggumpalan jaringan kecil di dalamnya. 

Pembengkakan yang terjadi biasanya disebabkan karena adanya infeksi ataupun penyakit yang menyerang tubuh. Meski pembengkakan tidak membahayakan bagi kamu. Namun, dalam beberapa kasus, pembengkakan kelenjar getah bening menandai adanya penyakit kanker limfoma hodgkin dan kenker kelenjar limfoma non-hodgkin.

Nah, biar kamu tau kemungkinan menderita penyakit kanker tersebut, kamu harus memeriksakan ke dokter untuk didiagnosis. Selain itu, seperti dikutip dari idntimes ada beberapa ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang jarang disadari oleh penderitanya.

1. Merasa cepat lelah padahal nggak ngapa-ngapain

1. Merasa cepat lelah padahal nggak ngapa-ngapain Cepat lelah (health.detik.com)

Para penderita kanker kelenjar getah bening akan mudah merasa kelelahan. Hal ini kerena kelelahan adalah tanda kalo tubuhmu sedang tidak dalam keadaan yang sehat. Nah, kalo kamu merasa lelah padahal nggak lagi beraktivitas berat, kamu patut curiga.

2. Kamu akan demam dan berkeringat di malam hari

2. Kamu akan demam dan berkeringat di malam hari Demam dan menggigil (lifestyle.kompas.com)

Gejala yang umum dan mudah dirasakan adalah demam. Demam adalah pertanda jika sistem imunitasmu tengah melemah, sehingga infeksi bisa mudah sekali menyerang. 

Nah, kalo kanker kelenjar getah bening, demam bisa disertai dengan tubuh yang menggigil dan kedinginan, dan mengeluarkan keringat yang banyak di malam hari.

3. Mengalami penurunan berat badan secara drastis padahal nggak lagi diet

3. Mengalami penurunan berat badan secara drastis padahal nggak lagi diet Berat badan turun padahal nggak diet (hellosehat.com)

Limfoa yang terindikasi kanker akan memicu berat badan secara drastis. Kalo tiba-tiba kamu menjadi begitu kurus, padahal tidak dalam masa diet, cobalah lebih paka dan was-was. Penurunan berat badan biasanya dikarenakan tubuh membakar lebih banyak energi untuk melawan sel-sel kanker yang ada pada tubuh.

4. Merasakan nyeri pada perut

4. Merasakan nyeri pada perut Nyeri pada bagian perut (dedaunan.com)

Kanker kelenjar getah bening juga bisa ditandai dengan nyeri pada bagian perut. Biasanya, nyeri perut akan muncul secara konstan dan akan susah dihilangin. Nah, saat kondisi ini menyerangmu, sebaiknya bergegaslah untuk ke dokter.

5. Mengalami bengkak di area kelenjar getah bening

5. Mengalami bengkak di area kelenjar getah bening Bengkak di area kelenjar getah bening (bacaterus.com)

Ketika kanker memasuki stadium awal, maka sel kanker yang ada pada area kelenjar getah bening bisa menimbulkan bengkak ataupun benjolan. Nah, biasanya nih yaa, benjolannya ada di area leher, pangkal paha dan ketiak. 

Demikianlah pengertian dan tanda-tanda kelenjar getah bening dan kanker kelenjar getah bening. So, untuk kalian yang membaca ini, harus tetap waspada dan hati-hati yaa. Selalu lah bergaya hidup sehat, biar jauh dari penyakit.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations