Ciri ciri janin sudah masuk panggul tuh gimana sih? Kita ada ulasannya kok nih, jangan khawatir, simak aja deh yuk.

Ciri ciri janin sudah masuk panggul tuh gimana sih? Ya, pertanyaan ini pasti sering diutarakan para ibu ketika waktu persalinan tiba. Ibu hamil harus tau nih, setidaknya bisa mengetahui dan lebih siap.

Ciri ciri janin sudah masuk panggul bisa diketahui beberapa minggu sebelum persalinan dimulai. Sebagian ibu hamil juga merasakannya beberapa jam sebelum persalinan.

Umumnya, janin akan bergerak masuk panggul antara minggu ke-34 hingga 36 kehamilan. Tapi ketika janin masuk ke pintu atas panggul (PAP), maka dokter biasanya akan memeriksa posisi janin dan memprediksi kapan persalinan akan dimulai.

Hmm, berarti udah mau lahiran nih bayinya (hellosehat.com)

Ini lho ciri ciri janin sudah masuk panggul. Simak ya moms.

1. Lebih mudah bernapas

Ciri ciri janin sudah masuk panggul pertama adalah ibu hamil jadi lebih mudah bernapas. Ini berarti ada sedikit tekanan pada diafragma. Jadi, para ibu bisa bernapas lebih mudah.

2. Merasakan tekanan pada panggul

Saat tekanan meninggalkan perut bagian atas, janin bergerak menuju panggul, dan sebagian besar ibu hamil melaporkan ada tekanan di panggulnya, dan itu menguat.

Apakah sang ibu merasakan tekanan pada panggulnya? (klubwanita.com)

3. Keputihan meningkat

Posisi janin yang turun meningkatkan tekanan darah pada leher rahim. Hal ini menyebabkan hilangnya sumbatan lendir yang berada di bagian atas serviks hingga akhir kehamilan untuk mencegah bakteri memasuki rahim.

Setelah posisi janin turun, sumbatan lendir keputihan ini akan keluar dari vagina.

4. Lebih sering kencing

ciri ciri janin sudah masuk panggul selanjutnya, saat posisi janin sudah dipanggul, kepalanya dapat memberi tekanan pada kandung kemih. Ini mungkin akan membuat sang ibu jadi lebih sering buang air kecil.

5. Nyeri panggul

Saat bayi terjatuh, beberapa ibu mungkin akan mengalami nyeri panggul. Ini terjadi karena kepala bayi mendorong ligamen di panggul sang ibu.

Perut sang ibu mungkin akan terlihat berbeda (hellosehat.com)

6. Perut terlihat berbeda

Akan terlihat ada perubahan perut bagian bawah saat bayi sudah masuk panggul. Perubahan yang dimaksud adalah benjolan perut yang lebih rendah dari sebelumnya.

7. Rasa mulas berkurang

Ibu hamil mungkin mengalami lebih sedikit mulas dan refluks asam saat janin turun lebih rendah ke pelvis. Meski tidak semua perempuan merasakan hal ini, namun beberapa orang merasa tiba-tiba lega ketika janin sudah masuk ke panggul.

8. Wasir

Setelah posisi janin di panggul, kepalanya dapat memberi tekanan pada saraf di pelvis dan rektum. Nah, tekanan ini yang menyebabkan hemoroid.

Ya, minimal rasa mulas bisa berkurang, meski konsekuensi lain juga muncul (orami.co.id)

9. Nyeri punggung

Menurunnya posisi janin dapat memberi tekanan tambahan pada otot di punggung bawah. Inilah yang menyebabkan sakit punggung pada ibu hamil.

10. Sering merasa lapar

Ketika posisi janin turun, ini bisa mengurangi tekanan pada perut. Sehingga akan meredakan mulas dan meningkatkan rasa lapar.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations