Cara Membedakan Pikiran-Pikiran Intrusif Biasa dan Gejala OCD

Cara Membedakan Pikiran-Pikiran Intrusif Biasa dan Gejala OCD

Banyak dari kita mengalami pikiran yang tidak diinginkan. Tetapi kapankah hal itu menjadi gejala gangguan obsesif-kompulsif?

Pikiran yang tidak diinginkan sangat umum terjadi, bahkan jika kita tidak menyadarinya. Namun ada perbedaan besar antara pikiran biasa yang tidak diinginkan dan pikiran mengganggu OCD.

Seseorang tanpa OCD mungkin menunggu kereta, dan sebelum kereta datang, mereka bisa memiliki pikiran yang muncul di kepala  bertanya kepada mereka: 'Bagaimana jika kamu melompat?

Pikiran negatif (willingness.com)

Seseorang tanpa OCD tidak akan memperhatikan pikiran ini dan hanya melihatnya apa adanya: pikiran acak dan mengganggu - dan mereka akan menjalani hari mereka.

Tetapi bagi seseorang dengan OCD, pikiran yang mengganggu tersebut memicu ketakutan dan kesusahan. Dan ini bisa muncul dalam beberapa cara. Jika seseorang dengan OCD mengalami pikiran ini, mereka mungkin takut dan mundur sejauh mungkin dari trek, ketakutan bahwa mereka tidak akan dapat mengendalikan tubuh mereka. Meskipun mereka sebenarnya tidak ingin melompat.

Seseorang dengan OCD juga akan terobsesi dengan pemikiran ini, panik bahwa mereka bunuh diri meskipun sebenarnya tidak, mempertanyakan apa arti pikiran tersebut dan mengapa hal itu masuk ke kepala mereka, memberikan perhatian sebanyak mungkin pada pikiran tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"