Burnout dan Mudah Marah? Mungkin Tubuhmu sedang Mengalami 10 Tanda Butuh Liburan

Burnout dan Mudah Marah? Mungkin Tubuhmu sedang Mengalami 10 Tanda Butuh Liburan

Menjaga kesehatan mental serta level stres tetap terkendali salah satunya bisa dilakukan dengan menyeimbangkan kesibukan dan waktu bersantai. Jika tidak, seseorang bisa saja mengalami burnout hingga mulai tidak fokus. Ini adalah tanda-tanda sedang butuh liburan.

Garis bawahi pula bahwa berlibur bukan berarti mengabaikan tanggung jawab, ya Gengs. Jadi, tak perlu merasa terbebani dengan pekerjaan atau kesibukan sehari-hari. Tinggalkan sejenak agar bisa kembali lagi dengan pikiran lebih fokus dan produktif tentunya.

Tubuh dan pikiran kamu sudah bekerja dengan cara menakjubkan. Ia juga bisa memberikan sinyal ketika merasa butuh liburan. Jangan diabaikan, ya. Beberapa tanda-tandanya adalah:

1. Stres berlebih

Tubuh manusia didesain agar bisa merespons stres dalam rentang waktu singkat. Namun ketika stres terjadi terus-menerus dan dalam waktu lama, bisa menjadi stres kronis. Di situlah pintu masuk terjadinya masalah kesehatan yang sesungguhnya.

10 Tanda Tubuhmu Butuh Liburan (KlikDokter)

2. Masalah kesehatan

Stres kronis tadi juga akan membuat seseorang lebih rentan mengalami masalah kesehatan. Mulai dari pusing terus-menerus, tekanan darah tinggi, hingga masalah pencernaan. Tentu saja, ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Wah, bahaya!

Bahkan, ketika level stres telah terakumulasi mencapai level tertentu, akan menjadi seperti bola salju. Tubuh dan pikiran terus-menerus berada dalam fase reaktif dan membuat kewalahan.

3. Kewalahan merespons berbagai hal

Tanda-tanda butuh liburan lainnya adalah ketika seseorang kewalahan merespons berbagai hal. Bahkan, kejadian yang seharusnya menyenangkan atau positif pun tak bisa dinikmati sepenuhnya. Terlebih jika kejadian itu perlu energi untuk bisa dinikmati.

4. Performa kerja menurun

Hal lain yang juga terlihat adalah bagaimana kinerja di kantor. Mulai dari sering sinis tentang pekerjaan, sulit berkonsentrasi, kurang motivasi, mood buruk, dan secara umum kerap melakukan kesalahan. Sebelum berlarut-larut, sebaiknya segera luangkan waktu untuk bersantai demi meredakan stres.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"