Bumil Waspada! Ini 7 Kemungkinan Yang Jadi Penyebab Keguguran Seperti Dialami Isyana Sarasvati

Bumil Waspada! Ini 7 Kemungkinan Yang Jadi Penyebab Keguguran Seperti Dialami Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati langsung menjadi sorotan setelah membagikan kabar duka. Melalui Instagramnya, pemain film Petualangan Sherina 2 itu mengabarkan dirinya mengalami keguguran. Di unggahannya, Isyana menunjukkan hasil USG yang dilakukannya.

Mengiringi foto itu, Isyana Sarasvati mengucapkan selamat tinggal pada calon buah hatinya. "Sampai berjumpa lagi bebinyo. Terima kasih sudah mau berjuang bersama-sama. We'll see you again, till the day our path cross, we love you so much beinyo," tulis Isyana.

Unggahan Isyana Sarasvati ini langsung dibanjiri simpati dari netizen maupun sejumlah rekan artis. Mereka ikut berdoa dan memberikan dukungan untuk Isyana. Penyanyi asal Bandung ini sendiri tidak menjelaskan kemungkinan pemicu keguguran yang dialaminya.

Isyana Sarasvati Sampaikan Kabar Duka (Instagram)

Isyana Sarasvati juga tidak mengungkapkan gejala awal yang dikeluhkan hingga akhirnya harus merelakan calon buah hati yang berusia sekitar 8 minggu itu. Meski begitu, di bawah ini akan dibahas tentang berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko keguguran.

Dilansir dari Mayo Clinic, munculnya pendarahan dari vagina dengan atau tanpa rasa sakit merupakan gejala keguguran yang perlu diwaspadai setiap ibu hamil. Biasanya, pendarahan ini diikuti dengan nyeri atau kram di area panggul serta panggul bawah.

Sebenarnya, bercak atau pendarahan pada vagina saat trimester pertama kehamilan merupakan hal normal. Akan tetapi, jika pendarahan dirasa terlalu banyak dengan disertai nyeri atau kram, disarankan untuk segera menghubungi tim perawatan medis.

Sementara itu, ada berbagai faktor yang memungkinkan sebagai pemicu meningkatkan risiko keguguran. Berikut penjelasan faktor-faktor penyebab keguguran yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Usia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"