Benarkah Musik Bisa Cegah Seseorang Makan Berlebihan? Ini Kata Ahli!

Benarkah Musik Bisa Cegah Seseorang Makan Berlebihan? Ini Kata Ahli!

Dr. Helen Coulthard, pakar perilaku makan di De Montfort University Leicester (DMU), bekerja dengan para peneliti di Universitas Lincoln untuk menguji 360 wanita dalam upaya untuk mendukung bagaimana makanan dan musik dapat digunakan untuk mengurangi emosi negatif.

Peserta penelitian awalnya diminta mengingat kenangan sedih. Mereka kemudian mendengarkan musik yang telah dipilih sebelumnya, atau dibiarkan diam selama tiga menit, sebelum mengikuti tes makanan ringan. Mereka yang makan dalam diam mengonsumsi lebih dari delapan gram makanan ringan, sedangkan mereka yang mendengarkan musik makan jauh lebih sedikit, antara empat dan lima gram.

Dr Annemieke Van den Tol, Dosen Psikologi Senior di Universitas Lincoln, mengatakan: “Banyak orang beralih ke berbagai genre musik sebagai pengobatan diri ketika mereka mengalami emosi negatif. Ini bisa menjadi cara yang berguna dan efektif untuk melepaskan atau mengurangi kesedihan, stres, atau kemarahan.

Mendengarkan musik bisa jadi cara mengurangi atau melepaskan emosi negatif (klikdokter.com)

“Penelitian kami menunjukkan kemungkinan bahwa mendengarkan musik juga dapat digunakan secara efektif untuk mengurangi keinginan makan berlebihan. Saya berharap penelitian ini pada akhirnya akan mendukung orang-orang untuk menggunakan strategi yang lebih sehat dalam mengatasi suasana hati dan emosi negatif.”



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"