Belajar Dari Pengalaman SBY, Begini Tanda-Tanda Penyakit Kanker Prostat

Belajar Dari Pengalaman SBY, Begini Tanda-Tanda Penyakit Kanker Prostat

Mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan tengah menjalani perawatan setelah didiagnosa kanker prostat stadium awal.

Saat ini, kondisinya pun menjadi pengingat bagi banyak orang, khususnya pria yang cenderung rentan terserang kanker prostat.

Kanker prostat sendiri merupakan jenis kanker yang sering dialami oleh pria. Biasanya kanker ini bisa berakibat fatal, namun bisa disembuhkan jika dilakukan diagnosa secara dini.

Menurut direktur medis Manual Platform kesehatan pria, Earim Chaudry, 20 persen pria lebih kecil kemungkinannya untuk berkunjung ke dokter dibanding wanita. Hal inilah yang menjadikan pria mudah terserang kanker prostat dan tak mendapatkan perawatan secepat mungkin.

Begini ciri-ciri penyakit kanker prostat yang perlu diwaspadai (via sehatq.com)

Padahal, konsultasi dengan dokter saat gejala awal muncul bisa membantu pengobatannya menjadi lebih cepat. Sayangnya, kanker prostat termasuk jenis kanker yang berkembang secara perlahan sehingga beresiko untuk tidak terdeteksi.

Seorang pakar kesehatan mengatakan bahwa salah satu perubahan utama dalam kebiasaan mandi bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit prostat.

Earim mengatakan kesulitan buang air kecil atau rasa sakit saat buang air kecil bisa menjadi pertanda adanya penyakit prostat. Ketika prostat mulai membesar, maka kondisi ini bisa menekan uretra yang menjadikan seseorang kesulitan buang air kecil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"