Bekal Ramadan: Tips Puasa untuk Ibu Menyusui Agar Kuat Hingga Buka

Bekal Ramadan: Tips Puasa untuk Ibu Menyusui Agar Kuat Hingga Buka

Walaupun menjadi bagian penting dari ibadah umat Muslim, namun puasa bagi ibu menyusui, bisa  menimbulkan berbagai tantangan khusus. Busui membutuhkan asupan nutrisi dan cairan yang cukup untuk memastikan bahwa ketersediaan ASI tetap terjaga.

Selain itu, ibu menyusui biasanya memiliki kondisi tubuh yang lebih rentan sehingga para ulama sepakat bahwa golongan ini termasuk yang diizinkan tidak berpuasa Ramadan, namun bisa menggantinya dengan fidyah. 

Meski demikian, tak sedikit ibu menyusui yang enggan melewatkan momen Ramadan sehingga tetap memilih berpuasa. Hal ini bisa dilakukan jika ibu dalam kondisi prima dan taka da kekhawatiran terhadap kesehatan dan kondisi bayi.

Karenanya, penting bagi ibu menyusui untuk tetap memperhatikan kesehatan dan nutrisinya selama bulan puasa agar dapat menjaga kesehatan dirinya sendiri dan memberikan nutrisi cukup bagi bayi yang sedang disusui. Berikut beberapa tips puasa untuk ibu menyusui yang bisa dilakukan:

1. Jangan Sampai Melewatkan Sahur

Tips Puasa untuk Ibu Menyusui (via Halodoc)

Sahur adalah waktu makan sebelum mulai berpuasa. Bagi ibu menyusui, sahur sangat penting karena akan membantu memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu dan bayi selama berpuasa.

Jangan pernah melewatkan momen sahur dan pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, serat, dan karbohidrat kompleks agar energi dapat bertahan lebih lama selama hari puasa. Hindari asupan yang bersifat diuretik, misalnya kafein, agar tidak mudah lemas selama puasa.

2. Perhatikan Gizi Makanan saat Sahur dan Buka



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"