Bekal Ramadan: Tips Puasa untuk Ibu Hamil, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Bekal Ramadan: Tips Puasa untuk Ibu Hamil, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Sebenarnya boleh nggak sih ibu hamil berpuasa? Apakah perubahan pola makan akan berpengaruh pada kondisi kesehatan ibu dan janin? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin seringkali muncul dan jadi perdebatan di kalangan pakar kesehatan. Terkait hal ini, Marwati, Ners, M.Kep., selaku dosen sekolah tinggi kesehatan di Cirebon menjelaskan bahwa puasa hamil sebenarnya tetap diperbolehkan berpuasa selama dalam kondisi sehat.

“Ibu hamil diperbolehkan menjalani  puasa apabila telah mendapatkan persetujuan dari dokter kandungan, pada umumnya dokter akan memperbolehkan ibu hamil untuk berpuasa apabila keadaan kandungan  dalam keadaan  sehat dan tidak mengalami morning  sickness dan komplikasi kehamilan lainnya,” ungkap Marwati kepada Paragram.id.

Marwati, Ners, M.Kep. (Doc. Pribadi)

Namun mengingat perempuan hamil memang kondisinya seringkali rentan, di mana kesehatan menyangkut kondisi dua tubuh sekaligus, ada sejumlah tips puasa untuk ibu hamil yang benar-benar harus diperhatikan. Dengan demikian, puasa yang dijalani tetap lancar dan tidak mengganggu kesehatan ibu dan calon bayi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Persiapan Sebelum Puasa



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"