Bekal Ramadan: Tips Jaga Pola Makan Saat Lebaran, Pastikan Untuk Lakukan Ini Agar Tetap Sehat

Bekal Ramadan: Tips Jaga Pola Makan Saat Lebaran, Pastikan Untuk Lakukan Ini Agar Tetap Sehat

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Momen Hari Kemenangan ini identik dengan berbagai hidangan lezat, mulai dari rendang, ketupat, lontong, soto, opor hingga aneka kue kering.

Jadi tak heran, kalau Lebaran kerap jadi ajang 'balas dendam' kuliner setelah sebulan penuh berpuasa. Meski begitu, euforia dalam menyantap berbagai hidangan Lebaran tidak boleh mengabaikan kesehatan.

Sebab, pola makan yang tidak terkontrol bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti kadar kolesterol tinggi, gula darah meningkat, asam lambung naik, hipertensi, radang tenggorokan sampai asam urat meningkat.

Ilustrasi Momen Lebaran (Radar Surabaya)

Ilustrasi Momen Lebaran (Radar Surabaya)

Maka dari itu, pastikan untuk tetap menjaga pola makan saat momen Lebaran. Terkait hal ini, dosen STIKes Ahmad Dahlan Cirebon, Marwati, Ners, M.Kep., memberikan saran dan tips dalam menjaga pola makan saat Lebaran agar tetap sehat.

"Memperhatikan asupan kalori harian, membatasi konsumsi makanan bersantan, makan buah dan sayur, membatasi konsumsi makanan dan minuman manis dan memilih daging yang rendah lemak. Selain itu, tetap menjaga pola makanan yang teratur dan minum air putih yang cukup," ungkap Marwati.

Lebih lanjut, Marwati mengungkapkan berbagai makanan yang sebaiknya tidak dimakan berlebihan saat Lebaran. Makanan itu diantaranya makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti lontong, nasi serta kue yang mengandung tepung. Selain itu, hindari makanan berkuah yang mengandung santan. 

Marwati, Ners, M.Kep, dosen STIKes Ahmad Dahlan Cirebon (Istimewa)

Marwati, Ners, M.Kep, dosen STIKes Ahmad Dahlan Cirebon (Istimewa)

Batasi pula makanan berminyak dan berlemak, makanan yangmengandung MSG dan garam tinggi. Marwati lantas mengungkap tips untuk menjaga kesehatan setelah Lebaran yakni dengan konsumsi makanan sehat, cukup minum air putih hingga aktif melakukan olahraga.

"Konsumsi makanan sehat dengan perbanyak makan buah dan sayur, minum air putih cukup (2 sampai 3 liter/hari), tidur atau istirahat cukup, aktif melakukan olah raga, kurangi mengkonsumsi makanan siap saji serta  lakukan pemeriksaan kesehatan yang berkaitan dengan kolesterol, gula darah asam urat dan tekanan darah," pungkas Marwati.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"