Bekal Ramadan: Rekomendasi Makanan Sahur untuk Diet yang Efektif

Bekal Ramadan: Rekomendasi Makanan Sahur untuk Diet yang Efektif

Selain sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah SWT, puasa pada dasarnya bisa menjadi menjadi alternatif metode diet yang efektif. Dalam hal ini, bagi mereka yang sedang melakukan program diet, sahur adalah waktu yang sangat penting untuk memberikan bekal selama menjalankan puasa

Karenanya, penting untuk memilih makanan sahur untuk diet yang tepat demi membantu menjaga keseimbangan nutrisi dan energi selama berpuasa. Jika dilakukan dengan baik, maka tujuan penurunan berat badan juga akan tercapai dengan mudah. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu sahur untuk diet yang sehat dan bergizi.

1. Karbohidrat Kompleks

Makanan Sahur untuk Diet (via Alodokter)

Karbohidrat kompleks adalah sumber energi yang penting untuk memberikan kekuatan dan daya tahan selama berpuasa. Namun, pilihlah karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik rendah untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kebanyakan orang Indonesia mungkin akan menyantap nasi putih, namun coba pertimbangkan sumber karbohidrat lain yang lebih sehat. 

Salah satu pilihan yang disarankan adalah oatmeal, karena merupakan sumber serat yang baik dan dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, Paralovers juga bisa mempertimbangkan jenis karbohidrat lain seperti nasi merah, roti gandum, quinoa, atau kentang beserta kulitnya. 

2. Protein



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"