Begini Cara Mengembalikan Indra Perasa dengan Cepat, Tetap Harus Makan dan Minum dengan Teratur

Begini Cara Mengembalikan Indra Perasa dengan Cepat, Tetap Harus Makan dan Minum dengan Teratur

COVID-19 menjadi salah satu penyebab indra perasa seseorang alami gangguan. Nafsu makan pun jadi tak karuan dan bermasalah. Lalu banyak yang mencari cara mengembalikan indra perasa  dengan mengkonsumsi beberapa obat, makan makanan, atau minum minuman tertentu.

Tak dipungkiri bagi pasien COVID-19 yang masih positif atau baru saja sembuh, mengkonsumi makanan adalah cara yang dilakukan untuk meningkatkan imun dalam tubuh, sehingga kondisi kesehatan mulai membaik. Berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Memperhatikan Jenis Makanan

Meski indra perasa masih alami gangguan, namun saat akan makan harus memilih jenis makanan yang memilih tekstur, aroma, dan tampilan makanan.Siapa tahu dengan jenis makanan dengan tekstur, aroma,dan tampilan berbeda dari yang biasa kita makan, indra perasa bisa berfungsi kembali. Coba tambahkan beberapa bahan herbal atau rempah-rempah ke dalam makanan agar rasanya berbeda.

Ilustrasi Orang Kehilangan Indra Perasa (Hello Sehat)

2. Konsumsi Makanan Asam

Coba sesekali mencoba dengan mengkonsumsi makanan asam seperti lemon, jeruk nipis, atau buah asam lainnya. Lalu saat makan coba ditambahkan bumbu penyedap dengan aroma kuat dan menyengat, misalnya bubuk bawang putih, bukuk cabai, kayu manis, bahkan campuran cuka.

3. Intensitas Makan Diperbanyak

Biasanya orang dalam kondisi normal makan dalam sehari sebanyak dua atau tiga kali. Cobalah dalam kondisi indra perasa dalam keadaan tidak baik untuk menambah intensitas makan, selama 2 atau 4 jam sekali.

Setiap makan coba menggunakan lauk dengan sumber karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Ditambah beberapa camilan yang bisa memberikan stimulus pada indra perasa agar bisa berfungsi kembali.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"