Cara Melatih Kepekaan Lima Indra Manusia

Cara Melatih Kepekaan Lima Indra Manusia

Peka terhadap keadaan sekitar adalah sah satu cara untuk tidak pernah kehabisan ide. Banyak masalah yang butuh solusi. Banyak hal yang bisa dilakukan. Semua itu bisa dengan mah ditemukan kalau kamu peka.

Manusia punya lime indera yang digunakan untuk menerima rangsangan dari luar. Ada indera pendengar, penglihat, perasa, pencuman dan pengecap. Semua indera ini sebenernya bisa dilatih biar lebih peka.

Kamu bisa mendengar lebih baik, melihat lebih baik, dan menggunakan indera lebih baik daripada orang lain. Mungkin kamu akan menemukan lebih banyak hal menarik dari hidup.

Gimana caranya mengasah ketajaman indra?

1. Indra Penglihatan

Melatih mata dengan melihat detail (today.com)

Seperti kata pepatah, kuman di seberang lautan tampak gajah dipelupuk mata tidak kelihatan. Pepatah ini juga bisa diartikan kadang apa yang kita anggap sepele sering jadi gak kelihatan.

Untuk melatih kepekaan mata dalam melihat dan menangkap benda-benda, berlatihlah untuk melihat detal. Misalnya ketika kamu masuk ke dalam ruangan, perhatikan detail yang ada. Misalnya mulai dari pintu. Bahan yang dipakai, warna, hiasan atau corak jika ada. Amati perabotan, kursi, meja, rak, karpet dan semua yang ada di ruangan tersebut. Amati detailnya juga, misalnya gambar atau ornamen apa yang menghiasi benda tersebut.

Selain itu kamu juga bisa berlatih memperhatikan orang-orang. Bagaimana gestur, ekspresi wajah, dan apa yang orang sedang lakukan. Kamu juga bisa nonton film tanpa suara. Hanya mengamati ekspresi dan gerak-gerik pemain saja.

2. Indera Pengecap

Ada banyak jenis rasa yang bisa dijelajahi. Seperti halnya indra penciuman, kamu juga bisa menggunakan bahan makanan yang sama untuk melatih indra pengecap. Mulailah dari bahan dengan rasa yang samar. Tidak terlalu pedas, asin, asam dan sebagainya. Hindari makanan terlalu banyak gula dan garam. Soalnya bakal merusak kemampuanmu membedakan rasa makanan.

3. Indra Peraba

Melatih kemampuan indra peraba juga bisa untuk kulit tubuh (wikipedia.org)

Cara melatih kepekan indra peraba adalah dengan melatih sentuhan. Bisa benda-benda dengan tekstur berbeda atau suhu yang berbeda. Tidak hanya untuk tangan, kamu bisa menggunakan bagian tubuh lain juga.

4. Indra Penciuman

Tugas untuk membedakan bau diemban oleh hidung. Indra ini bisa dilatih dengan membiasakan diri membedakan bau. Bau wangi maupun bau busuk, bahkan yang samar sekaligus. Memperbanyak perbedaharaan bau dengan membedakan bau masakan, parfum, rempah-rempah, bumbu dan lain sebagainya.

Lakukan dengan menutup mata agar fokus utamanya memang tertuju pada indra penciuman saja. Lakukan terus-menerus.

5. Indra Pendengaran



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"