Bapak-Bapak Wajib Baca! Berikut Cara Mencegah Kanker Prostat

Bapak-Bapak Wajib Baca! Berikut Cara Mencegah Kanker Prostat

Prostat adalah organ yang terletak di bawah kandung kemih yang menghasilkan air mani. Kanker prostat adalah kanker paling umum kedua di antara pria. Sekitar 1 dari 9 pria akan didiagnosis menderita kanker prostat dalam hidup mereka.

Risiko terkena kanker prostat semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Sekitar 60 persen dari semua kanker prostat di Amerika Serikat didiagnosis pada pria berusia 65 tahun atau lebih. Sangat jarang bagi pria untuk mengembangkan kanker prostat sebelum usia 40 tahun.

Tidak ada pencegahan kanker prostat yang mutlak, tetapi bukti menunjukkan pola makan tertentu punya peran cukup besar untuk mencegah terserang kanker ini. 

Letak Prostat (tagar.id)

Berikut ini 7 tips agar kamu terhindar dari kanker prostat:

1. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Sayuran hijau mengandung senyawa yang membantu tubuhmu memecah zat penyebab kanker yang disebut karsinogen. Diet kaya nutrisi juga dapat membantu memperlambat penyebaran kanker.

2. Makan Tomat dan Makanan Merah Lainnya

Tomat, semangka, dan makanan merah lainnya memiliki warna cerah karena antioksidan kuat yang disebut likopen. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi buah dan produk berbahan dasar tomat ini memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang tidak. 

Namun, American Institute for Cancer Research memperingatkan bahwa penelitian yang menghubungkan tomat dengan pencegahan kanker prostat masih terbatas dan sedang berlangsung.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"