Ayah Bunda Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Sering Memeluk Anak Setiap Hari

Ayah Bunda Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Sering Memeluk Anak Setiap Hari

Meluangkan waktu setiap hari untuk memeluk anak dengan hangat dapat memberikan banyak manfaat bagi orangtua dan si kecil. 

Lain kali, ketika kamu mendapati dirimu terus-terusan memegang ponsel, cobalah untuk beralih memeluk anak setidaknya selama 20 detik. Ini adalah cara kecil namun ampuh untuk mulai terhubung dengan mereka.

Berikut beberapa manfaat pelukan untuk anak:

1. Pelukan dapat membantu anak menumbuhkan otak dan tubuh yang sehat. 

Bayi, balita, dan anak prasekolah memerlukan berbagai jenis stimulasi sensorik untuk perkembangannya. Kontak kulit atau sentuhan fisik, seperti berpelukan dan berpegangan, adalah cara yang bagus untuk membantu anak mengembangkan otak yang sehat dan tubuh yang kuat. 

Faktanya, para dokter menemukan bahwa ketika anak-anak tidak menerima kontak fisik, pertumbuhan dan perkembangan fisik mereka dapat melambat.

2. Pelukan dapat membantu anak menjadi lebih tangguh. 

Pelukan bisa membuat anak tumbuh menjadi pribadi tangguh (disway.id)

Ketika anak-anak menghadapi situasi yang penuh tekanan, hormon stres adrenalin dan kortisol dilepaskan ke dalam tubuh dan otak mereka. Stres ini dapat bertahan lama jika tidak diatasi. Ketika terlalu banyak hormon stres ini menumpuk di dalam tubuh mereka, hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan emosional mereka. Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa pelukan yang lama dapat melepaskan hormon cinta oksitosin, yang dapat membantu menyeimbangkan hormon-hormon stres tersebut.

3. Meningkatkan kesehatan dan penyembuhan. 

Hormon cinta oksitosin memberikan begitu banyak manfaat bagi si kecil. Ketika dilepaskan, seperti saat berpelukan, hormon ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil dengan mengurangi peradangan. Anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melawan atau mengurangi efek virus.

4. Mempererat ikatan dengan anak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"