Lovers of Valdaro: Pasangan yang Berpelukan Selama Enam Ribu Tahun

Lovers of Valdaro: Pasangan yang Berpelukan Selama Enam Ribu Tahun

Kalian pikir kisah Romeo dan Juliet tuh bener-bener tragis? Ya emang tragis sih, tapi itu bukan satu-satunya. Terlebih setelah tim arkeologi menemukan sepasang manusia yang tidur dalam posisi berpelukan.

Mereka berdua ditemukan tidur sambil pelukan di Mantua, Italia bagian utara, pada 2007 lalu. Pasangan ini tentu saja udah nggak utuh lagi, apalagi hidup. Mereka udah tidur sambil berpelukan di sana selama enam ribu tahun lamanya gengs!

Kisah Romeo dan Juliet bukan satu-satunya yang tragis (unsplash.com)

Penelitian tentang pasangan tengkorak yang berpelukan ini baru dimulai pada 2013. Para ahli menduga bahwa pasangan itu adalah sejoli yang meninggal dalam keadaan berpelukan.

Menurut peneliti, tengkorak perempuan itu mati saat berusia 20 tahun. Sementara pasangannya berusia lebih tua, sekitar 30-45 tahun. Usia kedua tengkorak itu juga diyakini telah 6000 tahun. 

Meski telah berusia ribuan tahun, kisah pasangan tengkorak berpelukan itu baru dipublikasikan sekitar satu dekade lalu. Seperti dikutip dari Liputan6.com, temuan tersebut disebut "Lovers of Valdaro".

Ini dia Lovers of Valdaro (thehistoryblog.com)

Kini, istilah untuk pasangan itu digunakan sebagai nama sebuah desa kecil di Mantua. Desa itu adalah tempat pasangan tengkorak itu ditemukan. Tim arkeolog yang dikepalai Elena Maria Menotti itu menyebutkan bahwa pasangan tengkorak itu berhadapan satu sama lain dengan lengan serta kaki yang saling berhimpitan.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa tak ada tanda-tanda kekerasan yang ditemukan pada kedua pasangan tengkorak tersebut. Setelah diperiksa lebih lanjut, postur asli dari tengkorak laki-laki ternyata lebih pendek dari tengkorak perempuan. Sekitar 158 sentimeter.

Temuan terbaru itu jelas berbeda dengan temuan sebelumnya gengs. Sebelumnya, ilmuwan mendapat adanya bekas tusukan panah di tulang belakang tengkorak laki-laki. Sayangnya, cuma ada sedikit temuan fakta yang didapatkan dari penelitian tengkorak itu.

Mereka telah berpelukan dan terkubur selama 6000 tahun (flickr.com)

Lovers of Valdaro pun sempat dipajang di Museum Arkeologi di Mantua, tahun 2011 lalu.

Namun, tengkorak yang awalnya ditemukan dalam posisi berpelukan itu ditempatkan dalam posisi normal seperti jasad manusia pada umumnya. 

Kalo kalian penasaran dan lagi jalan-jalan ke sana, boleh tuh mampir ke Mantua dan melihat pasangan tengkorak itu gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"