Lovers of Valdaro, Pasangan Tengkorak yang Berpelukan Mesra Berusia 6.000 Tahun

Lovers of Valdaro, Pasangan Tengkorak yang Berpelukan Mesra Berusia 6.000 Tahun

Kisah Romeo and Juliet emang dikenal sebagai kisah pasangan yang berujung tragis. Tapi ternyata, kisah pasangan itu bukan satu-satunya gengs. Soalnya ada yang jauh lebih tua lagi nih.

Pasangan yang lebih tua dari Romeo dan Juliet itu ditemukan oleh tim arkeologi. Pasangan itu adalah sepasang manusia yang ditemukan "tidur" dalam posisi berpelukan.

Mereka berdua ditemukan tidur sambil pelukan di sebuah makam Neolotik di Mantua, bagian utara Lombardy, Italia, pada 2007 lalu.

Kisah Romeo dan Juliet bukan satu-satunya yang tragis (marieclaire.co.uk)

Pasangan ini tentu saja udah nggak hidup lagi. Bahkan udah gak utuh lagi. Mereka udah tidur sambil berpelukan di sana selama enam ribu tahun lamanya gengs! Temuan tersebut disebut "Lovers of Valdaro".

Penelitian tentang pasangan tengkorak yang berpelukan ini baru dimulai pada 2013. Para ahli menduga bahwa pasangan itu adalah sejoli yang meninggal dalam keadaan berpelukan.

Menurut peneliti, yang perempuan mati saat berusia 20 tahun. Sementara pasangannya berusia lebih tua, sekitar 30-45 tahun. Usia kedua tengkorak itu juga diyakini telah 6.000 tahun. 

Lovers of Valdaro, pasangan tengkorak yang berpelukan mesra (cru.edu.au)

Meski telah berusia ribuan tahun, kisah pasangan tengkorak berpelukan itu baru dipublikasikan sekitar satu dekade lalu. 

Kini, istilah untuk pasangan itu digunakan sebagai nama sebuah desa kecil di Mantua. Desa itu adalah tempat pasangan tengkorak itu ditemukan. 

Tim arkeolog yang dikepalai Elena Maria Menotti itu menyebutkan bahwa pasangan tengkorak itu berhadapan satu sama lain dengan lengan serta kaki yang saling berhimpitan.

Setelah diperiksa lebih lanjut, postur asli dari tengkorak laki-laki ternyata lebih pendek dari tengkorak perempuan. Sekitar 158 sentimeter.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"