Andalan Masakan Jepang, Ini 5 Manfaat Nori untuk Kesehatan

Andalan Masakan Jepang, Ini 5 Manfaat Nori untuk Kesehatan

Apa sih manfaat nori sehingga bahan makanan ini begitu populer di kalangan pecinta makanan Jepang? Siapa saja yang boleh mengonsumsinya? Bagi yang belum tahu, nori adalah sejenis rumput laut yang biasanya digunakan dalam masakan Jepang, terutama untuk membungkus sushi.

Bahan makanan ini biasanya dijual dalam bentuk lembaran mirip kertas berwarna hijau, dengan rasa sedikit asin khas hidangan laut. Walaupun terlihat sederhana, setiap lembarnya ternyata memiliki banyak kebaikan sehingga sangat populer dalam berbagai makanan, khususnya Jepang. Nori kaya akan nutrisi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan potensial, antara lain:

1. Sebagai Sumber Nutrisi yang Baik untuk Tubuh

Manfaat Nori untuk Kesehatan (via Kompas)

Nori kaya akan mineral penting seperti yodium, besi, kalsium, dan selenium. Yodium penting untuk fungsi tiroid yang sehat, sedangkan besi diperlukan untuk produksi sel darah merah. Kalsium mendukung kesehatan tulang dan gigi, sementara selenium berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, nori mengandung vitamin B12, yang penting untuk fungsi saraf yang sehat, produksi sel darah merah, dan sintesis DNA. Vitamin B12 terutama ditemukan dalam sumber-sumber hewani, sehingga nori bisa menjadi alternatif bagi vegetarian dan vegan.

Kandungan gizi lainnya adalah serat makanan yang dapat membantu pencernaan, menjaga kesehatan usus, dan mengatur kadar gula darah. Nori juga mengandung vitamin lain seperti vitamin A, C, dan E, serta beberapa jenis vitamin B seperti riboflavin (B2) dan niacin (B3).

2. Memelihara Kesehatan Otak



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"