Alien Hand Syndrome, Kalau Kena Bisa Punya Tangan Alien Gitu?

Alien Hand Syndrome, Kalau Kena Bisa Punya Tangan Alien Gitu?

Alien hand syndrome, namanya aja aneh ya gengs? Kalian pernah denger penyakit aneh ini? Emang sih kejadiannya langka, tapi katanya saat ini semakin banyak yang mengalami.

Alien hand syndrome adalah kondisi neurologis langka yang menyebabkan satu tangan bertindak atas kehendaknya sendiri. Terkadang satu kaki terpengaruh, meskipun ini tidak biasa.

Jadi yang dimaksud punya tangan alien itu, karena penderitanya gak bisa mengendalikan tangannya sendiri. Mau gerak kayakapa aja, tetep gak bisa dikendalikan. Kayak dirasuki alien gitu.. Heuheu... Lucu sih kalau dibayangin, tapi nyusahin kali kalau kena sakit kayak gini.

Alien hand syndrome langka sebenernya (bustle.com)

Dengan sindrom tangan alien, tangan tidak berada di bawah kendali pikiran dan bergerak seolah-olah ia memiliki pikirannya sendiri. Tangan yang terpengaruh terasa asing bagi pemiliknya dan tampaknya bergerak dengan sengaja sesuai keinginan tangan itu.

Walaupun dapat menyerang anak-anak, biasanya tangan alien terjadi pada orang dewasa. Kadang-kadang disebut sebagai sindrom Dr. Strangelove, tangan Strangelovian, atau tangan anarkis. Suka mukul orang kali ya atau merusak, jadi tangan anarkis.

Alien hand syndrome bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa orang kena peyakit ini setelah stroke, trauma, atau tumor. Kadang-kadang dikaitkan dengan kanker, penyakit neurodegeneratif, dan aneurisma otak.

Pemindaian otak menunjukkan bahwa orang dengan sindrom tangan alien telah mengisolasi aktivitas di area motor primer kontralateral. Ini diduga karena lesi atau kerusakan pada korteks parietal. Bisa menyebabkan gerakan spontan gitu deh gengs pokoknya.

Kalau kena tangan gak bisa dikendalikan (thoughtcatalog.com)

Gejala yang paling menonjol dari sindrom tangan alien adalah ketidakmampuan untuk mengontrol tangan karena bertindak secara independen. Tangan yang terpengaruh dapat bergerak tanpa sadar. Tangan bergerak tanpa kontrol kognitif atau kesadaran. Seolah dikendalikan oleh orang lain atau memiliki pikiran sendiri.

Tangan dapat menyentuh wajah, mengancingkan baju, atau mengambil benda, terkadang berulang kali atau secara kompulsif. Tangan alien juga dapat melayang dengan sendirinya.

Tangan juga bisa melakukan tindakan menentang diri seperti menutup laci yang baru aja dibuka sama tangan lainnya atau membuka kancing baju yang baru saja di kancing. Tangan alien tidak kooperatif dan dapat melakukan tindakan yang salah atau gagal mengikuti perintah.

Orang dengan sindrom tangan asing mungkin merasakan bahwa tangan atau anggota geraknya asing atau bukan milik mereka. Namun, mereka tidak menolak kepemilikan anggota tubuh, yang dapat terjadi pada kelainan lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"