Ada Brokoli Hingga Terong, Ini 4 Sayuran Penurun Kadar Kolesterol

Ada Brokoli Hingga Terong, Ini 4 Sayuran Penurun Kadar Kolesterol

Semua pasti setuju kalau sayuran  bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh kita. Bahkan ada yang sayuran penurun kadar kolesterol dalam darah, lho.

Sebagai informasi, di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). LDL inilah yang jika kadarnya terlalu tinggi, maka bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan memicu penyakit jantung.

Batas aman kolesterol total adalah 200 mg/dL. Jika kadar kolesterol dalam darah sudah melebihi batasan tersebut, sebaiknya kita mengonsumsi sayuran-sayuran berikut ini untuk menurunkan kadar tersebut. Lantas, apa saja jenis sayuran yang dimaksud?

1. Brokoli

1 Sayuran Penurun Kadar Kolesterol (via Kompas.com)

Sayuran penurun kolesterol yang pertama adalah brokoli. Sayuran yang satu ini memiliki serat larut yang dapat menekan kadar LDL dalam darah. Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dengan baik.

2. Asparagus

Selain brokoli, asparagus juga baik dalam menurunkan kadar LDL dalam darah. Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, asparagus juga mengangun folat yang dapat menurunkan kadar homosistein yang menjadi pemicu penyumbatan arteri dan penyakit jantung.

3. Bayam



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"