8 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh Atasi Nyeri dan Tanpa Efek Samping

8 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh Atasi Nyeri dan Tanpa Efek Samping

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan osteoartritis, meski ada beberapa perbedaan yang signifikan dari kedua penyakit itu. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di persendian, menyebabkan peradangan dengan rasa tidak nyaman dan nyeri. Ada berbagai obat asam urat yang bisa membantu meringankan nyeri yang kamu alami.

Namun, jika nyeri asam urat yang kamu rasakan tiba-tiba sangat intens, hubungi dokter sebelum mencoba pengobatan di bawah ini ya!

Nah, berikut ini 8 obat asam urat alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

Ceri atau jus ceri asam

Buah ceri sebagai obat alami asam urat (bbc.com)

Menurut sebuah Survei di tahun 2016, ceri jenis apa pun, baik yang asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah, adalah pengobatan asam urat yang berpotensi berhasil bagi banyak orang.

Satu Studi di tahun 2012 dan satu lagi di tahun yang sama juga mengatakan ceri dapat bekerja untuk mencegah serangan asam urat.

Jahe

Jahe adalah rempah yang bisa mengatasi kondisi peradangan.  Sebuah studi menemukan bahwa jahe topikal ternyata bisa mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kadar asam urat serum mereka berkurang dengan jahe. Tetapi subjeknya adalah tikus, dan jahe dikonsumsi secara internal, bukan secara topikal.

Kamu bisa membuat kompres atau pasta jahe dengan air mendidih dengan 1 sendok makan jahe segar parut. Rendam waslap dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan waslap ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Iritasi kulit mungkin terjadi, jadi sebaiknya lakukan tes pada sebagian kecil kulit terlebih dahulu.

Ambil jahe secara internal dengan air mendidih dan seduh 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Nikmati 3 cangkir per hari.

Baca juga: Sepatu Juga Bisa Jadi Penyebab Asam Urat 

Magnesium

Magnesium dianggap obat asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk stres inflamasi kronis dalam tubuh, meskipun tidak ada penelitian yang membuktikannya.

Sebuah studi di tahun 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup berkaitan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. Sayangnya hasil penelitian ini tidak berlaku untuk wanita.

Cobalah mengonsumsi suplemen magnesium, tetapi baca petunjuk label dengan cermat. Atau, makan makanan kaya magnesium setiap hari. Ini dapat menurunkan risiko asam urat atau kejadian asam urat dalam jangka panjang.

Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit masing-masing sering direkomendasikan untuk asam urat. Meski begitu, tidak ada penelitian kuat yang membuktikan bahwa cuka sari apel bisa menyembuhkan asam urat. Hanya saja, lemon dan kunyit adalah ramuan yang bagus untuk menurunkan asam urat.

Coba campur jus dari satu setengah lemon yang diperas ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Minum dua sampai tiga kali per hari.

Seledri atau biji seledri



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"