7 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Buah delima berbentuk bulat, buahnya berwarna merah. Mereka menampilkan daging bagian dalam berwarna putih yang dikemas dengan biji renyah dan berair yang disebut arils.

Buah ini mungkin terkenal karena jus berwarna cerah yang sering digunakan, namun siapa sangka kalau ternyata buah unik ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan:

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Secara keseluruhan, buah delima rendah kalori dan lemak namun tinggi serat, vitamin, dan mineral. Di bawah ini adalah nutrisi untuk arils dalam satu buah delima rata-rata:

Kalori: 234

Protein: 4,7 gram (g)

Lemak: 3,3 gram

Karbohidrat: 52 gram

Serat: 11,3 gram

Vitamin C: 32% dari Nilai Harian (DV)

Folat: 27% dari DV

Magnesium: 8% dari DV

Fosfor: 8% dari DV

Kalium: 13% dari DV

2. Kaya akan Antioksidan

Buah delima yang masih di pohon (bibitbunga.com)

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dalam jumlah tinggi dapat berbahaya dan berkontribusi terhadap sejumlah penyakit kronis.

Delima kaya akan antioksidan dan senyawa polifenol, termasuk punicalagins, anthocyanin, dan tanin yang dapat terhidrolisis. Mendapatkan antioksidan dari buah-buahan seperti buah delima adalah cara yang bagus untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit.

3. Mungkin Memiliki Sifat Antikanker

Penelitian menemukan bahwa senyawa dalam buah delima memiliki sifat anti kanker. Penelitian pada hewan juga menemukan bahwa buah delima membantu memperlambat pertumbuhan tumor pada tahap awal kanker hati.

Ditambah lagi, menurut penelitian sebelumnya, ekstrak buah delima mungkin bermanfaat untuk kanker prostat.

4. Mendukung Kesehatan Saluran Kemih



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"