6 Teknik Atasi Rasa Malas Dengan Metode Kaizen Yang Banyak Diterapkan Orang Jepang

6 Teknik Atasi Rasa Malas Dengan Metode Kaizen Yang Banyak Diterapkan Orang Jepang

Rasa malas kerap dianggap sebagai hal yang normal dan wajar dialami banyak orang. Akan tetapi, rasa malas itu bisa menjadi salah satu kendala bagi seseorang untuk memulai aktivitasnya. Tak jarang, orang yang malas akan cenderung mengulur waktu.

Hal ini rupanya tidak berlaku untuk warga negara Jepang yang dikenal disiplin dan tepat waktu. Ternyata, orang Jepang menerapkan metode kaizen untuk mengatasi rasa malas. Metode kaizen ini digunakan untuk melakukan sesuatu selama satu menit secara konsisten.

Kaizen adalah istilah bahasa Jepang yang punya makna 'perubahan yang baik' atau 'perkembangan'. Sebagai sebuah filosofi, Kaizen memperkenalkan pola pikir yang menekankan bahwa perubahan kecil sekalipun akhirnya akan memberi dampak besar.

Dengan menggunakan metode tersebut, seseorang diharapkan bisa bergerak untuk menyempurnakan diri dan mencapai tujuan. Lantas bagaimana cara mengatasi malas dengan metode Kaizen? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Kenali Kebiasaan Malas

Ilustrasi Wanita Malas (Tribun)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali kebiasaan malas kamu. Akui dan identifikasi kebiasaan malas yang sering kamu lakukan. Kemudian renungkan perilaku, rutinitas dan pola pikir diri sendiri untuk memahami area spesifik mana yang membuat kemalasan itu kerap terjadi.

2. Buat Rutinitas

Buat rutinitas dan menjalankannya secara konsisten. Cara ini bisa membantu mengatasi kemalasan. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu khusus untuk bekerja, olahraga, relaksasi dan aktivitas lainnya. Memiliki jadwal yang terstruktur ini dapat membantu menanamkan disiplin dan mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda melakukan aktivitas.

3. Buat Target Kecil



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"