5 Tips Mengatasi Ngantuk Setelah Makan Siang, Dijamin Bikin Badan Kembali Segar

5 Tips Mengatasi Ngantuk Setelah Makan Siang, Dijamin Bikin Badan Kembali Segar

Banyak orang yang merasa ngantuk  setelah makan , terutama usai makan siang dengan menu yang relatif berat. Rasa kantuk sendiri merupakan respon tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah makan. Ada beberapa hal yang mengakibatkan ngantuk, salah satunya produksi hormon serotonin dan melatonin.

Kedua hormon itu bisa meningkat ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Jadi disarankan untuk mengatur pola makan dengan membatasi makanan yang mengandung tinggi gula atau karbohidrat. Sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi serat dan protein serta kaya vitamin.

Walaupun wajar terjadi, tapi rasa ngantuk bisa mengganggu produktivitas. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan lima cara berikut ini. Apa saja tips mengatasi ngantuk atau rasa lemas setelah makan siang? Scroll artikel ini sampai habis ya!

1.    Mulai Bergerak

Jangan langsung kembali ke meja kerja atau bangku kelas setelah makan. Sempatkan waktu setidaknya 15 menit untuk aktif bergerak, misalnya dengan berjalan keliling kantor atau jalan di tempat. Gerakan sederhana ini bisa membantu meningkatkan aliran darah, sehingga distribusi nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh bisa lebih lancar dan menghilangkan ngantuk.

2.    Duduk Tegak

Foto: Atasi Ngantuk (Pikiran Rakyat)

Usahakan untuk mengubah posisi duduk menjadi tegak ketika kamu sudah mulai ngantuk. Duduk tegak membuat tubuh selalu berada dalam posisi siap dan awas, sehingga bisa membantu mengurangi kantuk. JIka duduk membungkuk atau bersandar santai justru membuat semakin ngantuk.  

3.    Menempelkan Es Batu di Dahi

Walaupun cara ini terbilang cukup merepotkan, tapi menempelkan es batu di dahi terbukti ampuh untuk menghilangkan kantuk, loh! Es batu yang dingin bisa membantu otak rileks serta menyegarkan pikiran.  Namun tidak harus es batu, kamu juga bisa menempelkan minuman kaleng dingin ke dahi.

4.    Kunyah Permen Karet



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"