5 Pose Yoga yang Bisa Kamu Coba untuk Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini

5 Pose Yoga yang Bisa Kamu Coba untuk Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini

Hari yang sibuk dan banyak pekerjaan bikin badan capek. Gak cuma badan, otak juga jadi lelah seharian berfikir. Pekerjaan yang belum selesai membuatmu gak siap untuk segera terlelap.

Ada juga orang yang mudah insomnia dan sulit tidur nyenyak meski udah capek dan pengen banget tidur. Apakah kamu salah satu yang mengalami keslitan tidur gengs?

Di situlah yoga sebelum tidur bakaln berguna. Gerakan fisik yang lembut membuat rileks dan prinsip dasar yoga - syukur, kasih sayang diri, dan kepuasan - bila dipraktikkan sebelum tidur juga bisa menenangkan, membantu mendorong tidur.

"Yoga restoratif menjadi lebih populer, terutama karena COVID-19 membuat banyak orang gelisah," kata Krucoff, yang memiliki kelas yoga ringan di YouTube.

Pose yoga untuk tidur yang lebih nyenyak (lonelyplanet.com)

Sebuah tinjauan dan meta-analisis yang diterbitkan pada Mei 2020 di jurnal BMC Psychiatry mengamati 19 penelitian dengan hampir 2.000 wanita dengan masalah tidur. Menemukan bahwa, secara keseluruhan, latihan yoga (setiap saat sepanjang hari) meningkatkan kualitas tidur dibandingkan dengan tidak berlatih.

Cobalah lima pose dan latihan lembut ini untuk tidur yang lebih nyenyak malam ini.

1. Pernapasan Perut Yoga

“"ika kamu hanya bisa melakukan satu hal untuk mempersiapkan diri untuk tidur, luangkan beberapa menit untuk melatih pernapasan,” kata Krucoff.

Yang dia maksud adalah napas perut yang rileks, yang juga dikenal sebagai "napas perut yoga". Pada siang hari, kamu cenderung memiliki kebiasaan bernapas pendek dari dada, tetapi napas yang lebih dalam memenuhi paru-paru sepenuhnya.

"Ini memicu serangkaian perubahan fisiologis. Detak jantung melambat, tekanan darah menurun, dan ketegangan otot mereda," jelasnya.

Berbaring, letakkan satu tangan di bawah pusar. Tarik napas melalui hidung untuk mengisi paru-paru (perut harus naik). Hembuskan napas melalui hidung. Ulangi selama beberapa menit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"