5 Penyebab Emotional Numbness, Kondisi Mental yang Bikin Banyak Orang Kehilangan Arah

5 Penyebab Emotional Numbness, Kondisi Mental yang Bikin Banyak Orang Kehilangan Arah

Apakah kamu pernah merasa hampa dan merasa kehidupanmu seolah tak berarti? Dalam kondisi ini, kamu bahkan merasa tak lagi bisa membedakan rasa sedih atau bahagia karena semua terasa kosong. Jika demikian, mungkin kamu sedang mengalami emotional numbness. Bukan hal baru, kondisi mental ini cukup sering dialami banyak orang, termasuk generasi muda yang seharusnya masih penuh mimpi dan semangat.

Emotional numbness adalah kondisi yang seringkali sulit dipahami, di mana kamu merasa terputus dari emosi-emosi yang biasanya melingkupi kehidupanmu. Keadaan ini sering juga dikenal sebagai keadaan mati rasa atau kehilangan emosi.

Kehilangan kemampuan untuk merasakan dan merespons perasaan ini dapat memengaruhi kesehatan mental dan kehidupan sehari-hari yang kamu jalani. Agar terhindar dari kondisi ini, mari kenali beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya emotional numbness.

1. Trauma Emosional

Penyebab Emotional Numbness (via Elevation Behavioral Health)

Salah satu penyebab utama emotional numbness adalah pengalaman trauma emosional yang kuat. Trauma seperti kehilangan orang yang dicintai, kecelakaan traumatis, atau pelecehan dapat menyebabkan seseorang melindungi diri mereka sendiri dengan cara mengurangi sensitivitas emosional. Rasa sedih yang amat sangat membuatmu merasa kebal dengan berbagai masalah dan kondisi yang dihadapi sehari-hari.

2. Depresi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"