5 Gejala Ketergantungan Kafein, Apa Kamu Mengalaminya?

5 Gejala Ketergantungan Kafein, Apa Kamu Mengalaminya?

Tahukah kamu jika ternyata terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan ketergantungan kafein? Kafein telah menjadi teman setia banyak orang di seluruh dunia. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, minuman berenergi, bahkan cokelat. Saking banyaknya, sebagian besar mungkin tidak sadar sudah mengonsumsinya setiap hari.

Seiring dengan konsumsi kafein yang semakin meningkat, tidak mengherankan jika banyak orang merasa bahwa kafein adalah bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian hingga menyebabkan ketergantungan yang tidak disadari. Di bawah ini, kamu akan menemukan beberapa gejala ketergantungan kafein yang harus kamu ketahui:

1. Sulit Bangun Tanpa Kafein

Gejala Ketergantungan Kafein (via Alodokter)

Saat kamu merasa sulit bangun dan memulai hari tanpa secangkir kopi atau minuman berenergi, ini bisa menjadi pertanda pertama ketergantungan kafein. Kamu mungkin merasa lemah dan mengantuk jika tidak mengonsumsi kafein di pagi hari. Walaupun kafein dikenal sebagai salah satu moodbooster sebelum memulai aktivitas, namun ketergantungan zat ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

2. Mudah Sakit Kepala



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"