5 Alasan Kenapa Penting Banget Tidur yang Cukup di Malam Hari

5 Alasan Kenapa Penting Banget Tidur yang Cukup di Malam Hari

Buat kamu yang sering begadang di malam hari sebaiknya segera kurang kebiasaan itu. Tidur yang cukup di malam hari sangat penting buat kesehatan fisik dan mental, lho. Orang dewasa biasanya dianjurkan untuk tidur selama 8 jam sehari. 

Mau tahu kenapa tidur di malam hari sangat penting? Yuk kita cari tahu apa saja manfaat tidur malam.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidur adalah peran penting untuk menjaga kinerja sistem kekebalan tubuh. Beberapa data menunjukkan  bahwa tidur  yang cukup dapat meningkatkan respons antibodi tubuh terhadap vaksin influenza. Kurang tidur terbukti bisa merusak kekebalan tubuh. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Tidur yang cukup di malam hari bias mengurangi resiko masalah kesehatan jantung. Ketika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh akan melepaskan hormon yang akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras yakni hormon kortisol atau hormone stress.

Perasaan segar usai tidur berkualitas (enesis.com)

3. Mengontrol berat badan

Kualitas dan kuantitas tidur ternyata ada kaitannya dengan berat  badan. Ketika tidur, hormon leptin dan ghrelin pada posisi seimbang. Kedua hormon ini bekerja untuk mengendalikan nafsu makan. Jika kamu sering begadang, maka hormon ghrelin akan lebih tinggi dan memunculkan rasa lapar sehingga kamu akan makan dan menyebabkan berat badan jadi semakin naik.

4. Meningkatkan suasana hati

Kurang tidur dapat membuat kamu jadi lebih mudah marah, stress dan cenderung lebih mudah mengalami bad mood. Maka dari itu penting untuk tidur yang cukup agar suasana hati lebih stabil.

5. Mencegah penuaan Dini

Kurangnya waktu tidur di malam hari juga bisa menimbulkan keriput dan garis halus pada kulit. Ketika waktu tidur tak terpenuhi dengan baik, tubuh bisa menghasilkan stress yang bisa menyebabkan pecahnya kolagen atau zat yang menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa tidur yang cukup di malam hari itu sangat penting. Selain untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran setelah lelah beraktivitas seharian, tidur yang cukup di malam hari juga menjadi investasi kesehatan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"