3 Tips Aman Berpuasa Bagi Pengidap Diabetes Melitus

3 Tips Aman Berpuasa Bagi Pengidap Diabetes Melitus

Bagi orang yang mengidap sakit gula atau diabetes melitus harus memperhatikan beberapa tips saat menjalani puasa. Bagaimana memiliki makanan yang tepat saat berbuka dan sahur, agar penyakit yang dialami tak semakin parah.

Dokter spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Endokrin, Metabolik, diabetes dari Rumah Sakit Mayapada Jakarta Selatan, dr.Herry Nursetiyanto, SpPD-KEMD,FINASIM mengatakan pengidap diabetes dipersilahkan untuk berpuasa selama orang itu bisa mengatur kadar gula dengan baik.

Ilustrasi Pasien Diabetes (Tirto.id)

"Pasien yang terkontrol minum obat tunggal, stabil, dan tidak mempunya komplikasi berat bisa menunaikan puasa, juga dengan pasien yang menggunakan insulin dosis tunggal selama dengan pemantauan ketat,"kata dr.Herry dilansir dari CNN Indonesia. dr.Herry pun memberikan tips aman penderita diabetes sambil berpuasa.

Menjaga Pola Makan menjadi prioritas utama. Saat puasa makan dengan tepat waktu saat jam sahur dan berbuka puasa. Pada sahur sebaiknya konsumsi makanan mengandung asupan energi untuk tubuh karena tubuh tidak mendapatkan cairan dan makanan selama lebih dari 12 jam. Saat buka puasa bisa konsumsi makanan kecil dan takjil dan ditambah menu mengandung karbohidrat yang cukup agar kadar gula tidak turun terlalu lama. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"