Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Sepatu Gunung

Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Sepatu Gunung

Berminat mau beli sepatu gunung? Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan biar dapat kualitas yang bagus dan nyaman saat digunakan.

Salah satu perlengkapan wajib waktu mau naik gunung adalah sepatu. Tentunya saat mendaki kamu akan berjalan sampai berjam-jam, bahkan berhari-hari. Ya, alas kaki ini bakalan menunjang kegiatanmu selama mendaki. Makanya, sepatu yang nyaman itu penting banget. 

Memang sih sepatu gunung yang bagus itu harganya lebih mahal, tapi kalau emang kamu sering banget mendaki, nggak ada salahnya berinvestasi dengan kualitas yang bagus sekalian. Daripada pakai sepatu asal-asalan tapi cepat rusak, kan? Nah, kalau kamu mau beli sepatu gunung, berikut tips yang harus diperhatikan: 

Memilih sepatu gunung (switchbacktravel.com)

Ukuran

Beda dari sepatumu yang lain, saat milih alas kaki buat naik gunung, lebih baik beli yang satu ukuran lebih besar. Tujuannya biar kamu bisa bergerak lebih leluasa. Nggak jarang, kaki jadi cepat lelah dan lecet saat pakai sepatu yang ukurannya ngepas. Selain itu,  jangan lupa pakai kaos kaki yang agak tebal dari bahan wool yang menyerap keringat dan bikin kaki jadi hangat.

Variasi sepatu gunung (listoutdoor.com)

Leher sepatu

Nah, model leher sepatu gunung itu juga beda-beda lho. Kamu bisa pilih sepatu dengan leher rendah untuk pendakian ringan. Kelebihan leher rendah adalah lebih ringan dan bisa lebih murah, tapi kalau dipakai dalam waktu lama rentan bikin lecet. Kalau emang lebih sering mendaki di medan yang panjang dan berat, sebaiknya emang pilih yang leher tinggi karena bisa melindungi kaki lebih maksimal. 

Sol sepatu

Pada sepatu gunung, coba perhatikan deh kalau solnya berbeda dengan sepatu lari atau sneakers biasa. Sol  sepatu gunung memang didesain buat melewati medan pendakian yang licin atau berbatu. Pastikan kamu mencoba beberapa sepatu sebelum beli ya!

Perhatikan kualitas bahan (shoesmark.com)

Bahan

Hal yang jangan sampai terlewatkan adalah pemilihan bahan sepatu. Ya, sama aja kayak beli sepatu jalan atau lari, kualitas bahan tetap penting. Perhatikan bahan di bagian luar dan dalamnya bagaimana, nyaman dipakai atau enggak. Biasanya sepatu gunung yang berkualitas tinggi terbuat dari kulit sintetis karena lebih  kuat dan memiliki sirkulasi yang baik bagi kaki.

Selain itu, sepatu gunung juga harus anti air dan ada bantalan di bagian dalamnya untuk melindungi pergelangan kaki.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"