Tips Mendaki Gunung yang Aman Buat Para Pemula

Tips Mendaki Gunung yang Aman Buat Para Pemula

Penasaran ingin naik gunung? Ikutin dulu tips berikut ini biar perjalananmu lancar jaya!

Mendaki gunung adalah satu cara orang menikmati alam sekaligus liburan yang menyenangkan. Memang sih perjalanan mendaki itu nggak mudah, apalagi buat pemula. Banyak yang harus dipersiapkan biar pendakian lancar, juga meminimalkan risiko kayak kecapekan, kelaparan, nyasar, kedinginan, bahkan kecelakaan. 

Namanya risiko memang selalu ada, tapi kalau persiapanmu cukup matang, nggak ada salahnya kok coba mendaki gunung karena bikin kamu nambah pengalaman yang nggak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Nah, berikut ini beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebelum naik gunung.

Naik gunung (outsideonline.com)

Persiapan fisik

Sebelum mendaki gunung, pastinya kamu harus punya stamina yang oke. Makanya, harus banyak latihan fisik nih, gengs. Cobain deh mulai rutin olahraga, jalan, lari, dan trekking biar fisik kamu terbiasa buat jalan dan mendaki dalam jarak jauh. Jadinya nanti kamu nggak akan gampang capek dan bisa tahan kalau  ada perubahan cuaca yang ekstrem. 

Jangan mendaki sendirian

Buat pemula, sebaiknya jangan mendaki sendirian. Meski kamu udah pernah solo traveling, tapi kondisi di gunung bakalan berbeda. Sebaiknya ajak temanmu atau ikutan komunitas pendaki gunung atau pencinta alam biar kamu lebih aman dan pasti dapat bantuan kalau membutuhkan.

Jangan sendirian! (kuow.org)

Riset yang banyak

Kamu juga harus banyak baca informasi soal naik gunung, termasuk gunung yang akan kamu daki. Ini termasuk jalur, cuaca, suhu udara, waktu yang tepat untuk jalan dan istirahat, tempat bermalam, dan sebagainya. 

Bawa bekal

Ingat, selama mendaki kamu juga butuh makan. Nah, makanya kamu harus siap-siap nih bekal makanan  dari rumah. Bisa bawa mi isntan, roti, buah-buahan yang gampang dimakan kayak pisang atau apel, atau nasi dengan lauk kering kayak abon, kering kentang atau kering tempe yang lebih awet.

Perlengkapan mendaki (thehabitualhiker.com)

Pakaian dan obat-obatan

Jangan lupa buat pakai baju yang nyaman digunakan buat jalan, jaket yang tebal buat mengatasi udara dingin di atas gunung, kaus kaki tebal, sepatu yang nyaman, dan kaos yang menyerap keringat juga cepat kering. Selain itu, jangan lupa bawa obat-obatan kayak obat diare, obat luka, minyak kayu putih, plester kalau-kalau nanti kamu lecek atau luka, dan obat-obatan pribadi. 

Perlengkapan mendaki

Apa aja sih yang harus dibawa waktu mendaki? Di antaranya ada tenda, sleeping bag, matras, senter, baterai, pisau saku, korek api, peta, kompas, kompor, alat mandi, juga alat makan dan minum. Sebelum pergi, jangan lupa izin pada orang tua kalau kamu akan mendaki gunung ya karena ini juga jadi bagian persiapan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"