Ini Nih Tampilan Beberapa Sudut Cantik di Hiroshima

Ini Nih Tampilan Beberapa Sudut Cantik di Hiroshima

74 tahun yang lalu, Hiroshima di bom atom oleh sekutu. Kini, kota itu telah berubah dan tampilkan wajah cantiknya.

Hiroshima adalah salah satu kota penting di Jepang. Bom atom pernah menghancurkan seisi kota 74 tahun yang lalu. Tapi, kota ini sudah benar-benar berubah sejak peristiwa mengerikan itu.

Kota ini dibangun pada abad ke-16 silam sebagai kota istana di delta Sungai Ota. Kota ini pun berubah menjadi kota pelabuhan yang berubah pula menjadi pusat industri tekstil dan barang-barang berbahan dasar karet.

Namun kota ini hancur berantakan pada 6 Agustus 1945 akibat bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat. Insiden itu membuat peradaban di kota ini musnah dalam sekejap.

Hiroshima waktu dibom atom 74 tahun yang lalu (stripes.com)

Setelah kehancuran itu, masih ada masalah lain seperti dampak radiasi. Dampak itu bisa menular secara genetis pada korban-korban yang selamat. Sementara diperlukan waktu yang nggak sebentar untuk membangun kembali kota tersebut.

Kini, Hiroshima udah berubah. Kota ini jadi tampil cantik dan penuh pesona. Sejarahnya tak akan terlupakan meski kota ini udah modern banget.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, ini nih tampilan beberapa sudut cantik dari kota Hiroshima. Jalan-jalan ke sana kuy.

Downtown Hiroshima

Downtown Hiroshima Di sini, kalian bisa belanja atau nongkrong gitu gengs (japan-guide.com)

Ini dia Downtown Hiroshima alias pusat kota Hiroshima. Kita bisa jalan-jalan di sini. Ada banyak toko dan restoran juga kok. Tapi yang paling spesial adalah Hondori Street yang hanya digunakan untuk pejalan kaki aja gengs.

Kastil Hiroshima

Kastil Hiroshima Kastil Hiroshima dulu pernah hancur gengs (thetruejapan.com)

Kastil Hiroshima dibangun pada tahun 1589 oleh seorang bangsawan bernama Mori Terumoto. Kastil ini memiliki lima atap. Secara arsitektural, bangunan ini sangat mempesona karena terbilang rapi, indah, dan elegan. Mana dibangun di abad ke-16 juga kan ....

Pas bom atom meledak di kota ini, kastil ini ikutan hancur juga gengs. Tapi akhirnya kastil ini berhasil direstorasi jadi kayak dulu lagi deh.

Tomonoura

Tomonoura Ke sini deh, indah pemandangannya (id.japantravel.com)

Hiroshima kan deket banget tuh sama laut, makanya ada perkampungan nelayannya juga di sana. Daerah itu bernaa Tomonoura. Area perbukitan dan pegunungan jadi latar belakang kawasan ini, jadi kita bisa naik ke salah satu puncaknya untuk melihat dari ketinggian.

Ada banyak kuil-kuil kuno di kawasan pegunungan di atas Tomonoura ini. Kawasan ini juga pernah jadi latar film animasi "Ponyo" besutan Studio Ghibli yang kesohor itu. Coba deh tonton lagi.

Atomic Bomb Dome

Atomic Bomb Dome Atomic Bomb Dome, bangunan bersejarah nih (japantimes.co.jp)

Atomic Bomb Dome adalah salah satu bangunan yang kini masih tegak berdiri setelah bom atom jatuh 74 tahun silam. Lokasi ini berada di pusat kota Hiroshima meski tentunya hanya menjadi salah satu monumen peringatan aja.

Bangunan yang rusak ini menjadi salah satu saksi bisu ledakan dahsyat tersebut. Kalian bisa merasakan deh betapa ngerinya bom atom yang menghancurkan Hiroshima kalo kalian ke sana.

Museum Perdamaian Hiroshima

Museum Perdamaian Hiroshima Museum Perdamaian Hiroshima oke banget nih dalemnya (mandyandadam.com)

Kalo kalian ke Hiroshima, wajib banget hukumnya main ke Museum Perdamaian Hiroshima. Kita bisa belajar banyak di tempat ini yang terletak di pusat kota.

Ada berbagai foto, film, hingga hasil liputan media soal dampak dari ledakan bom atom tersebut. Kalian juga melihat barang-barang yang tersisa dari ledakan bom atom tersebut.

Yang bikin sedih, katanya, jam yang berhenti tepat pukul 08.15 tepat ketika bom atom itu meledak. Ada juga pakaian, sepeda, sandal, tas, dan segala perkakas lainnya yang ditampilkan di museum itu.

Nah, buat kalian yang punya rencana jalan-jalan ke Jepang, jangan lupa deh kunjungin kota ini. Kalian bisa belajar banyak dari kota ini gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"