3 Misteri Candi Borobudur yang Belum Banyak Orang Tahu, Jadi Penasaran Deh!

3 Misteri Candi Borobudur yang Belum Banyak Orang Tahu, Jadi Penasaran Deh!

Candi Borobudur memang salah destinasi wisata sejarah di Indonesia yang populer, bahkan dinobatkan sebagai keajaiban dunia. Tapi tahu nggak sih kalau ternyata ada misteri Candi Borobudur yang belum diketahui banyak orang.

Candi Borobudur yang diperkirakan dibangun selama 100 tahun ini merupakan salah satu situs keajaiban dunia yang ditemukan oleh Gubernur Jenderal Inggris di Jawa, Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814. 

Namun hingga saat ini, masih menjadi misteri bagaimana candi ini dibangun. Tidak hanya cara pembangunannya saja yang menjadi misteri, masih ada misteri Candi Borobudur lainnya yang belum banyak orang tahu. Apa saja?

1. Mitos Kunto Bimo

1. Mitos Kunto Bimo Misteri Candi Borobudur (via CNN Indonesia)

Misteri pertama yang tersimpan di Candi Borobudur adalah mitos tentang Kunto Bimo. Kunto dalam Bahasa Jawa berarti ‘ngento-ento’ atau permintaan dan Bimo adalah Bima yang merupakan salah satu tokoh Pandawa yang memiliki sifat pantang menyerah.

Candi Borobudur memiliki beberapa stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Kunto Bimo. Mitosnya, bagi pengunjung yang bisa menyentuh patung tersebut melalui lubang stupa maka semua keinginannya akan terwujud.

Namun menurut R. Soekmono, seorang arkeolog yang memimpin proyek pemugaran candi tahun 1971-1983 menyebutkan bahwa hal tersebut hanya mitos belaka dan tidak berkaitan dengan ajaran agama Buddha.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"