Relief Candi Borobudur dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Relief Candi Borobudur dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Relief Candi Borobudur yang dipahatkan pada bangunan menggambarkan sebuah alur cerita, namun ada juga yang hanya sebagai hiasan. 

Candi Borobudur tak hanya menjadi tempat untuk berlibur dan berswafoto, namun kamu bisa belajar tentang sejarah dan makna kehidupan dari relief-relief candi Borobudur.

Candi yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan cermin dari ajaran Buddha Mahayana, dimana semakin ke atas maka akan menyimbolkan sebuah tingkatan kesempurnaan.

Candi Borobudur memiliki tingkatan dari bawah ke atas (harnas.co)

Tahukah kamu, kalo bagian paling bawah atau biasa disebut Kamadhatu adalah simbol perilaku angkara murka dan hawa nafsu. Perilaku keji tersebut, dapat menyebabkan manusia masuk dalam neraka usai kematiannya.

Pada bagian tengah, yang terdiri dari empat tingkatan, bernama Raphadatu atau tempat bagi manusia untuk membebaskan dirinya dari nafsu dan hal-hal yang bersifat keduiawian. 

Bagian atas yang termasuk 3 teras melingkar dan mengarah ke pusat kubah dinamakan Arupahadatu atau tempat dewa bersemayam, atau biasa disebut nirwana.

Pesona candi Borobudur (lifestyle.okezone.com)

Tak hanya relief yang terlihat jelas, candi Borobudur juga memiliki relief yang tertimbun tanah yaitu Karmawibhangga.

Relief tersebut menggambarkan perbuatan manusia yang mengikuti hawa nafsu, seperti membunuh, menggunjing, memperkosa dan beberapa adegan seks dengan beragam posisi.

Beberapa orang berpendapat, relief Karmawibhangga sengaja ditimbun karena tak sepantasnya dipertontonkan. Ada juga yang berpendapat, penutupan dilakukan karena demi menjaga kestabilan posisi candi yang bisa amblas karena bencana alam.

Pada tahun 1885, relief candi Borobudur yang tertimbun sempat didokumentasikan oleh seorang arkeolog bernama JW Yzeman, lalu ditulis di  buku. Sampai saat ini, buku yang terbit 1931 tersebut disimpan rapih di Museum Nasional atau Museum Gajah, Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Menyentuh Sang Buddha dan keinganmu akan tercapai (malangtoday.net)

Nah, untuk bagian puncak candi Borobudur, ada ruang kosong yang menyimbolkan kesempurnaan.

Konon, jika kamu berada di puncak lalu tanganmu dapat menjangkau dan menyentuh Sang Buddha di dalamnya, maka keinganmu  yang kamu sampaikan akan terwujud. Wah, boleh dicoba tuh....

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"