Yunani Punya Kuliner Khas yang Enak-Enak Nih, Cek Deh ...

Yunani Punya Kuliner Khas yang Enak-Enak Nih, Cek Deh ...

Yunani punya kuliner khas yang enak-enak nih gengs. Cek deh deretan kuliner dari Yunani berikut ini.

Yunani sejauh ini dikenal sebagai negeri para filsuf. Yunani juga dijuluki sebagai Negeri Para Dewa. Wajar sih, karena peradaban di negara itu udah lama banget ada.

Yunani punya sejuta pesona di Eropa. Keindahan alam hingga peninggalan sejarah peradaban penting ada di sana. Tapi jangan ketinggalan untuk ... menjajal makanan Yunani yang enak-enak.

Ada beberapa makanan Yunani yang terkenal enak-enak gengs. Makanan yang berasal dari kawasan Mediterania ini oke banget deh. Seperti dikutip dari Kompas.com, langsung aja deh kita simak deretannya. Kuy, kuy.

1. Kotosoupa

1. Kotosoupa Kalian harus cobain ini, Kotosoupa (instantpot.com)

Kalian pasti udah nggak heran lah ya sama menu sup ayam. Tapi di Yunani, ada sajian sup ayam yang beda banget nih dari kuliner lainnya. Namanya Kotosoupa.

Sup ayam ini menyehatkan gengs, ya nggak cuma enak doang. Bedanya dari sup ayam lainnya, Kotosoupa dibuat dari ayam utuh yang direbus, dicampur dengan sayuran dan bonnet rice.

Kotosoupa juga menggunakan beberapa bumbu lain seperti saus telur dan lemon "avgelemono". Yang pasti enak dan sehat banget nih.

2. Keftedes

2. Keftedes Keftedes, kayak bakso ya keliatannya (mygreeksalad.com)

Keftedes dari Yunani tuh serupa bakso ya karena bentuknya bundar. Tapi jelas beda dong penyajiannya dnegan bakso di Tanah Air.

Keftedes umumnya dibuan dari daging sapi muda atau domba. Ada juga yang dari daging babi sih. Daging itu dicampur dengan bawang parut halus dan roti basah beraroma mint, serta kuning telur.

Campuran itu kemudian disimpan di lemari es sebelum dibentuk jadi bola-bola, ditaburi tepung, dan digoreng dengan minyak zaitun.

3. Choriatiki

3. Choriatiki Ini yang namanya Choriatiki (reise-zikaden.de)

Sajian selanjutnya dari Yunanin adalah Choriatiki. Makanan ini adalah salah satu kuliner sehat yang mirip dengan salad. Setiap rumah makan mungkin punya beragam variasi untuk menyajikannya.

Choriatiki berbahan dasar irisan tomat, bawang, timun, minyak zaitun, keju, saus minyak zaitun, serta oregano. Makanan ini populer banget dan bisa ditemukan di mana aja di Yunani. Choriatiki biasa dimakan di malam hari.

4. Gigantes

4. Gigantes Gigantes, enak nih keknya (bbc.co.uk)

Kalian harus coba juga makanan enak dari Yunani yang bernama Gigantes. Nama makanan ini kedengeran kayak nama monster gimanaaa gitu. Padahal, ini tuh makanan enak tau.

Makanan ini terbuat dari kacang panggang berukuran besar yang dibumbui daun ketumbar dan sebaran mezze yang khas. Gigantes juga disebut sebagai "plaki" di beberapa tempat. Beberapa tempat menyajikan makanan ini menggunakan saus tomat gengs.

5. Klefitko

5. Klefitko Klefitko lebih oke lagi nih ... pasti enak deh (greekschannel.com)

Makanan selanjutnya dari Yunani yang enak adalah ... Klefitko. Makanan ini terbuat dari daging domba panggangyang dimasak dnegan bumbu dan dibungkus dengan kertas roti.

Makanan ini udah dimakan sejak jaman dulu. terutama ketika masih banak oven yang ada di toko-toko roti pedesaan di sana.

Masyarakat membawa sendiri bahan-bahan Klefitko untuk dipanggang di toko-toko roti itu di hari Minggu pagi. Udah gitu, mereka tinggal dan kembali ke toko roti pas siang hari untuk makan siang.

Klefitko sekarang tersedia di banyak restoran karena kepopulerannya. Daging dalam makanan ini jadi harum dan enak banget karena tambahan dan campuran berbagai bumbu rempah gengs.

Kuy, kita ke Yunani. Sambil belajar sejarah dan jalan-jalan, kita jajal makanan khas sana yang enak-enak nih.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"