Yuba: Kulit Tahu Bernutrisi Asal Jepang, katanya sih rasanya juga enak, wah jadi penasaran nih ....

Tahu sudah sedari dulu menjadi makanan favorit orang Indonesia yang menyehatkan dan kaya akan protein, rendah kalori lagi. Makanan dari olahan kedelai ini sering banget disajikan sebagai menu makanan sehari-hari, terutama bagi para vegetarian, atau orang-orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet.

Kalau biasanya sebagian orang mengkonsumsi bagian dagingnya, ternyata tahu juga punya bagian kulit yang bisa di makan lho. 

Yuba langit-langitnya tahu (Wordfood.com)

Faktanya, kulit tahu sudah menjadi hidangan khas dari prefektur Kyoto, Jepang sejak lama. Di Jepang kulit tahu disebut dengan Yuba. Yuba sendiri memiliki kandungan yang gak kalah jauh sama Tahu biasa. Lapisan tahu yang tipis ini ternyata tinggi akan protein, rendah kolesterol, serta zat besi.

Yuba disajikan dengan bentuk yang menarik, tak kalah juga dengan proses pembuatanya yang gak kalah menariknya. Susu kedelai dipanaskan sampai membentuk lapisan langit-langit di permukaannya (atau disebut kulit). Kemudian diambil menggunakan sumpit dengan sangat hati-hati.

Dengan cita rasa yang rada hambar, pastinya Yuba bisa dimasak menjadi berbagai macam menu, semisal dikasih topping jeli kaldu dan sedikit wasabi untuk hidangan appetizer, atau disajiin bbersama jeli madu sebagai dessert.

Menurut informasi, ada tiga jenis varian Yuba yang sering kali disajikan oleh orang Kyoto, yaitu yuba kering, yuba beku dan juga yuba segar.

Jenis Yuba segar adalah lapisan langit-langit susu kedelai yang barusaja di angkat, kemudian langsung saja di santap. Karena rasanya yang cenderung hambar, biasanya ditambahi bumbu penyedap kayak, wasabi, kecap asin sampai jahe. Teksturnya halus banget dan rada kenyal gitu, dan ada sedikit rasa manis dari susu kedelai.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations