Yakin Kamu Udah Tahu Bedanya Junk Food Dan Fast Food? Ini Contekannya~

Yakin Kamu Udah Tahu Bedanya Junk Food Dan Fast Food? Ini Contekannya~

Selama ini, kita pasti udah sering mendengar istilah junk food dan fast food. Pokoknya kedua tipe makanan ini identik dengan rasa yang lezat,  gampang ditemukan,  bikin ketagihan, tapi sama sekali nggak sehat. 

Tapi tau nggak sih kalau fast food dan junk food itu berbeda? Terus nggak semua fast food itu termasuk junk food. Daripada bingung dan biar nggak salah kaprah lagi, yuk pahami perbedaannya~ 

Junk food

Junk food Junk food vs fast food (runnersworld.com)

Sederhananya junk food ini sering disebut makanan sampah dan nggak bergizi. Kenyataannya, junk food tuh nggak ada kandungan nutrisi dan gizi. Kalaupun ada, sangat rendah jumlahnya. Udah gitu, makanan ini tinggi kadar lemak, garam, mengandung pewarna, bahan perasa, dan bahan pengawet. 

Biar gampang bedain, junk food ini biasanya dikemas dalam wadah tertutup, kedap udara, dan sangat awet. Gampang ditemukan di rak cemilan di supermarket! 

Contoh junk food adalah keripik, kerupuk, permen, mie instan, sayur dan buah dalam kaleng. Tipe-tipe makanan yang menggugah selera dan jadi favorit banyak orang. 

Fast food

Fast food Junk food vs fast food (medicalnewstoday.com)

Bedanya sama fast food? Seperti namanya, ini adalah makanan cepat saji, yang dimasaknya gampang dan mudah. Meski proses masaknya cepat, fast food ini masih tergolong sehat… Asal, di dalamnya memang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Kalau enggak? Ya artinya nggak sehat. 

Soal kemasan, biasanya fast food ini disajikan dalam wadah terbuka dan harus langsung dimakan. Dia nggak akan bisa tahan sampai berbulan-bulan kalau kamu simpan. 

Contoh makanan fast food ini misalnya roti isi, sushi, kebab, salad, kentang goreng, pizza, burger, dan pasta. Memang kalau ngomongin fast food ini agak kompleks ya. Karena sehat atau enggaknya,  tergantung bahan makanannya sendiri. 

Misalnya burger, ketika kamu pakai roti dengan tepung pilihan, daging segar yang baru diolah, dan diberi sayuran, ini bisa dibilang sehat. Tapi jadi nggak sehat ketika ditambah saus, mayones, dan minuman bersoda. Apalagi kalau pakai roti dan dagingnya yang awet berbulan-bulan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"