Waspada! 5 Jenis Makanan Ini Gak Boleh Dimasak Pakai Air Fryer, Bisa Berakibat Fatal Loh

Waspada! 5 Jenis Makanan Ini Gak Boleh Dimasak Pakai Air Fryer, Bisa Berakibat Fatal Loh

Air fryer atau penggoreng udara belakangan jadi salah satu alat masak modern yang bisa digunakan untuk menggoreng berbagai makanan. Air fryer ramai diminati karena merupakan kompor countertop (permukaan datar) yang membuat hidup jauh lebih mudah.

Kita hanya perlu memasukkan, mengatur suhu dan makanan siap disantap dalam hitungan menit. Bukan itu saja, air fryer juga lebih mudah dibersihkan ketimbang kompor atau mircrowave. Akhirnya, banyak dari kita yang menganggap semua makanan bisa dimasak di dalamnya.

Padahal sebenarnya, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk masuk ke dalam air fryer karena tidak akan menghasilkan rasa dan tekstur terbaik atau berpotensi merusak mesin. Lantas apa saja makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam air fryer? Scroll ya!

1. Makanan Basah yang Dilapisi Adonan Tepung

Ilustrasi Adonan Tepung (Sociolla)

Jenis masakan yang menggunakan adonan basah, seperti corn dog, fried chicken atau bakwan jagung tidak akan berfungsi di dalam penggorengan udara dan justru bisa berbahaya. Pasalnya, lapisan tepung bisa menetes melalui jaring keranjang sebelum sempat mengering.

Selain itu, ini akan membuat bentuknya jadi berantakan dan tidak akan mengeras seperti saat terendam minyak sehingga makanan tidak punya cangkang yang renyah. Namun, air fryer bisa dipakai untuk menghangatkan makanan yang sudah digoreng sebelumnya.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran segar berdaun hijau seperti bayam, kangkung, bok choy hingga lobak Swiss tidak bisa dimasak dengan air fryer. Sebab, kecepatan udara membuat panasnya tidak merata. Jadi masakan tidak akan matang merata. Tapi, untukk sayuran seperti brokoli, kembang kol dan zucchini rasanya akan enak jika dimasak dengan air fryer.

3. Beef Slice atau Makanan Terlalu Berlemak



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"