Trik Bikin Kue Untuk Pemula Yang Mengembang Sempurna Dan Anti Gagal

Trik Bikin Kue Untuk Pemula Yang Mengembang Sempurna Dan Anti Gagal

Buat sebagian orang, kue tuh jadi makanan istimewa. Soalnya biasa disediakan saat momen-momen spesial kayak ulang tahun. Memang sih kue bisa dibeli dan dimakan kapanpun. Tapi biar lebih irit, coba bikin sendiri aja yuk! Kalau udah paham triknya, sebenarnya bikin kue itu nggak susah kok. 

Ada beberapa kiat yang bisa kamu terapkan saat bikin kue. Dijamin anti gagal deh! Cobain kuy! 

Tips bikin kue (jobbertechtalk.com)

Pilih jenis tepung yang tepat

Kue tuh jenisnya beda-beda, makanya pemilihan tepung yang tepat pun penting. Kalau kamu perhatiin, di pasaran tuh biasanya ada tepung protein tinggi, sedang, dan rendah. Nah lho. Apa bedanya? 

Untuk  protein tinggi paling cocok buat makanan dengan tingkat kekenyalan tinggi, ngembang, dan lembut. Kalau protein sedang pas buat makanan lembut dan cukup mengembang. Sedangkan, protein rendah lebih pas untuk kue yang nggak butuh kekenyalan dan bikin kue-kue renyah. 

Nah, kalau udah ketemu tepung yang tepat, jangan lupa diayak sebelum dicampur dengan bahan lain ya!

Tips bikin kue (kingarthurflour.com)

Pastikan semua bahan bersuhu ruang 

Sebelum mulai bikin kue, pastikan semua bahan udah bersuhu ruang. Nggak ada lagi yang masih dingin apalagi beku. Keluarin telur dari kulkas, diamkan mentega, butter, margarin sampai nggak keras lagi. Memanaskan mentega dalam keadaan beku malah bisa ngerusak adonan. Jadi, tunggu mentega sampai lembek kayak baru kamu beli dari supermarket ya~ 

Pencampuran adonan 

Di awal, lebih baik kocok telur dengan kecepatan rendah. Lalu, gabungkan dengan gula dan emulsifier, naikin kecepatan mixer. Kalau udah mengembang, tambahkan tepung dan bahan kering lain. Terakhir, tuangkan bahan cair, bisa kayak susu, santan, atau cokelat leleh. Tuang perlahan lalu cukup diaduk pakai spatula. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"