Tips Mudah Membuat Bakmi Jawa Sederhana yang Menggugah Selera

Tips Mudah Membuat Bakmi Jawa Sederhana yang Menggugah Selera

Gurihnya bakmi jawa selalu mampu menggugah selera. Kalau pengen menikmati bakmi jawa lagi males malas keluar rumah kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana. Apalagi karena wabah corona ini kita disarankan buat di rumah aja.

Mie yang digunakan adalah mie kuning basah atau kering yang banyak dijual di pasar. Bumbu-bumbu untuk membuat bakmi juga relatif mudah ditemukan. Kalau kamu kesulitan membuat kaldu asli dari daging dapat menggunakan kaldu instan aja.

Resep bakmi jawa (Instagram @fiks_ahad)

Agar bakmi tetap nikmat dan gurih gunakan bawang goreng dan telur, dua bahan sederhana ini akan membuat rasa bakmi tetap istimewa meski tanpa menggunakan daging.

Kamu bisa membuat bakmi jawa rebus atau goreng. Untuk bakmi rebus menggunakan kuah kaldu lebih banyak daripada bakmi goreng. Cara memasak bakmi jawa sebenarnya cukup mudah, tidak harus menggunakan tungku arang ya kalau di rumah, cukup menggunakan kompor biasa aja.

Masak mie kuning dengan bumbu biasa seperti kecap manis, cabai, bawang putih, lada, kemiri, bawang merah dan garam secukupnya. Jika kamu masih pemula daam hal masa-memasak bisa tambahin bumbu halus yang biasa dijual di pasar atau toko makanan untuk memperkuat rasa bakmi jawa.

Bakmi jawa rebus (Instagram @bakmijawabjb)

Bahan-bahan tambahan seperti daun bawang, seledri dan saus tiram mampu membuat masakan Anda semakin sedap. Santap bakmi jawa ketika masih hangat.

Jika suka makanan pedas dapat ditambahkan dengan irisan cabai atau bubuk cabai kering. Selamat mencoba membuat bakmi jawa ala rumah.

Berikut ini resep yang bisa kamu gunakan gengs:

1. Bakmi Rebus

100 gram Mie Kuning Basah

100 gram Daging Ayam

1 ikat Sawi Hijau

500 ml Kaldu Ayam

secukupnya Daun Bawang

secukupnya Seledri

3 siung Bawang Merah

1 sendok makan Saus Tiram

1 buah Tomat

1 sendok makan Kecap Manis

secukupnya Cabai (Cabe) Rawit Hijau

secukupnya BUMBU HALUS

4 siung Bawang Putih

1 sendok teh Lada (Merica)

2 butir Kemiri

1 sendok makan Ebi

Garam secukupnya



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"