Terletak di Palembang, Mengapa Rumah Makan Khas Padang Menggunakan Nama "Ampera"? Ternyata Karena Hal Ini

Terletak di Palembang, Mengapa Rumah Makan Khas Padang Menggunakan Nama "Ampera"? Ternyata Karena Hal Ini

Mengapa banyak rumah makan khas Padang menggunakan nama "Ampera" padahal jembatan Ampera terletak di Palembang? Menurut orang asli Padang, begini jawabannya:

Di Sumatera Barat itu ada 3 jenis tempat makan atau rumah makan sebagai berikut:

1. Restoran: Restoran khas minang, menjual menu masakan padang atau nasi padang, dan penghidangannya biasanya dihidang atau seluruh lauknya terjadi di meja, secara tempat, umumnya luas, meja yg tersedia banyak, dan dapat menampung banyak orang. Seperti itulah kira-kira.

Ilustrasi Penyajian Masakan Khas Padang ala Restoran (Anak Jajan)

2. Ampera: Khas minang, menjual makanan khas minang atau nasi padang. Namun penyajiannya di rames. Tidak dihidang atau dikontes di meja. Pesan lauk yang kita mau, nanti yang dihidangkan di meja kita hanya nasi utama 1 (biasanya sudah terdiri dari sayur daun singkong rebus, kuah gulai, gulai nangka + kol, bumbu rendang (kalau order), dan sambal), lauk utama, minum (umumnya air putih/teh tawar) dan nasi tambah 1. Secara tempat, lebih kecil dibandingkan dengan restoran dan tidak bisa menampung banyak orang seperti restoran pada poin nomor 1 di atas. Adapun nasi kapau juga masuk dalam golongan ini (di rames).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"