YouTuber mukbang asal Korea Selatan, Tzuyang mendadak jadi perhatian publik. Salah satu mukbanger paling populer di dunia ini menjadi perbincangan setelah biaya pemasangan iklan di kanal YouTube-nya terbongkar. Rupanya, Tzuyang memasang tarif setara artis papan atas.
Kabar ini terungkap berdasarkan laporan dari Money Today. Dikatakan baru-baru ini sebuah perusahaan ramen Korea berniat mengontrak Tzuyang sebagai bintang iklan. Awalnya perusahaan punya rencana untuk menempatkan produk mereka di video Tzuyang.
Di mana, mereka membuat 10 paket ramen produknya dan menunjukkan merek tersebut di latar belakang videonya. Tak disangka, biaya video berdurasi 15 menit yang sudah diedit diperkirakan mencapai 100 juta KRW (sekitar Rp1,1 miliar).
Angka ini terbilang sangat fantasis. Jika mempertimbangkan bahwa ini adalah iklan satu kali dan bukan kontrak eksklusif, uang itu setara dengan yang dibayarkan perusahaan pada selebritis kelas A atau artis papan atas berdasarkan kontrak mereka per kampanye.
Menurut pakar industri, selebriti yang menandatangani kontrak iklan dengan merek makanan dan minuman besar, seperti Kim Yuna untuk Maxim Coffee Mix atau Gong Yoo untuk Terra Beer, semuanya dibayar sekitar 1 miliar KRW (sekitar Rp11,2 miliar) per tahun.
Para selebriti itu pun mengambil bagian dalam berbagai kampanye media, termasuk iklan TV, promosi media sosial dan bentuk iklan lainnya di Internet. Tapi YouTuber seperti Tzuyang mendapat jumlah yang sama dari kesepakatan merek tanpa terikat kontrak jangka panjang. Wow!