Tahukah Kamu? Sayuran Mirip Buah Naga Ini Bisa Meledak Saat Dipotong, Dikaitkan Legenda Putri Yang Dikutuk

Tahukah Kamu? Sayuran Mirip Buah Naga Ini Bisa Meledak Saat Dipotong, Dikaitkan Legenda Putri Yang Dikutuk

Sayuran penting dikonsumsi karena merupakan sumber vitamin dan mineral yang membantu tubuh untuk tetap sehat. Selain itu, sayuran juga memenuhi asupan nutrisi sehari-hari. Tapi tahukah kamu, ada sayuran unik yang pernah dilaporkan meledak saat dipotong.

Sayuran itu bernama artichoke. Sekilas, sayuran yang berasal dari Timur Tengah ini bentuknya mirip buah naga dengan kelopak segitiga dan sisik-sisik besar. Artichoke sebenarnya merupakan kuncup bunga thistle yang dipanen sebelum bunganya mekar.

Bagian artichoke yang bisa dikonsumsi adalah daging dan jantungnya berwarna putih, yang berada di bagian paling dalam. Tapi untuk mendapatkannya, harus dikupas setiap lapisan kelopak artichoke. Umumnya, sayuran yang di Turki dikenal enginar ini digunakan untuk campuran salad, pasta hingga topping pizza.

Sayur Artichoke (Indozone)

Sayuran ini diperkaya dengan senyawa fenolik, polifenol, flavonoid dan apigenin. Adapun khasiatnya untuk kesehatan sangatlah banyak seperti menambah stamina, mencegah penuaan, mengurangi resiko diabetes mellitus tipe 2, mengurangi resiko hipertensi, kanker payudara, prostat dan penyakit jantung. 

Hampir seluruh bagian artichoke memiliki manfaat untuk kesehatan. Misalnya daun dan batangnya yang bisa diekstrak menjadi obat herbal untuk mengatasi penyakit tertentu. Meski begitu, konsumsi artichoke tidak boleh berlebihan. Sebab, bisa memicu kembung, sakit perut dan alergi pada beberapa orang.

Di Indonesia sendiri, artichoke mungkin tidak sepopuler jenis sayuran lain karena belum banyak dibudidayakan. Namun kelompok tumbuhan liar ini sangat populer di kawasan Mediterania (Laut Tengah), seperti Italia dan Turki.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"