Stop Makan Berlebihan dengan Tips dan Trik Ini, Ampuh!

Stop Makan Berlebihan dengan Tips dan Trik Ini, Ampuh!

Makan berlebihan tuh gak baik. Kalo pengin berhenti, coba deh tips dan trik berikut ini. Ampuh!

Makan tuh penting gengs, jangan ditinggalin. Kita pun bisa makan kapan aja, di mana aja. Mau makan apa aja juga boleh ... asalkan gak berlebihan.

Nah ini nih, makan berlebihan tuh jelas gak baik gengs. Kita seringkali makan tapi yang kita pilih kadang-kadang keliru. Entah nutrisinya atau jumlah kalorinya. Belom lagi jenis ccemilannya.

Pengin stop makan terlalu banyak? (nbcnews.com)

Karena nggak baik, ada gak sih solusinya? Ya jelas ada lah! Kalian harus tau konsep 'mindful eating'. Konsep ini bisa dijadikan trik untuk mencegah makan berlebihan.

Kayak gimana tuh trik mindful eating ini? Seperti dikutip dari Kompas.com, simak nih trik-triknya biar kalian bisa stop makan berlebihan lagi.

1. Tutup mata sejenak

1. Tutup mata sejenak Coba tutup mata kalian sebentar aja sebelum makan (standard.co.uk)

Kenapa kita banyak makan? Salah satunya ya karena penampilan makanan itu. Aspek visual dari sebuah makanan ngaruh banget pada kondisi kita saat makan. Orang bisa jadi sangat lapar ketika melihat makanan yang tampilannya enaaakkkk banget.

Makanya, kita dianjurkan untuk menutup mata sejenak saat makan. Saat merem itu, kita akan menghapus pikiran tentang tampilan makanan untuk mengurangi godaan memakan semua yang ada di atas piring.

Toh, kita bakal lebih fokus kan sama apa yang akan kita makan.

2. Perhatikan prosesnya deh ...

2. Perhatikan prosesnya deh ... Perhatikan setiap prosesnya gengs~ (uluthnewstribune.com)

Poin ini maksudnya gimana sih? Jadi, kalo kalian nggak pengin makan terlalu banyak lagi, kalian perlu juga memperhatikan proses saat kita makan. Jangan buru-bur menghabiskan semuanya.

Proses yang diperhatikan ada banyak. Mulai saat menyendok makanan, memotong, mengunyah, hingga menelannya. Detail-detail yang kita perhatikan itu akan membantu kita menerapkan mindful eating.

3. Perhatikan juga rasanya

3. Perhatikan juga rasanya Rasanya gimana? Nikmatin baik-baik~ (netcostphilly.com)

Rasa dari makanan adalah apa yang selalu kita cari saat makan. Menggigit dan mengunyah tuh proses yang penting kan. Makanya kalian bisa tau makanan itu enak atau biasa aja.

Jadi, ada baiknya kalian perhatikan juga rasa dari makanan itu. Pokoknya, jangan buru-buru ditelan deh. Sebab, ada sensasi-sensasi yang unik setiap kali kita memakan sesuatu.

Nikmatin deh perpaduan rasa ini dan itu dalam makanan yang kalian kunyah itu. Soalnya, kalo kalian makan berlebih atau terlalu banyak mungkin proses ini bakal di-skip tuh.

Maka, sebisa mungkin dapatkan deh kepuasan rasa pada gigita pertama. Mindful eating bisa menolong kalian yang pengin berhenti makan terlalu banyak.

Dah, selamat makan dan selamat mencoba.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"