Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Zucchini dengan Timun Serta 4 Hal Lainnya

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Zucchini dengan Timun Serta 4 Hal Lainnya

Terkadang ada dua hal yang sebenarnya berbeda, akan tetapi terlihat serupa sehingga kita tidak bisa membedakannya. Dilansir dari 5Minute Crafts, Kamis (16/9/2021), berikut perbedaan dua hal yang selalu dianggap serupa.

1. Air Mineral dan Sparkling Water

Biasanya kandungan mineral dalam air mineral sama sebelum dan sesudah meninggalkan mata air aslinya. Tidak ada mineral tambahan yang bisa ditambahkan selama proses pembuatannya.

Sedangkan untuk sparkling water, ditambah dengan karbon dioksida untuk menciptakan gelembung dan desis yang bisa kita lihat di dalamnya. Perbedaan utama keduanya terletak pada rasa, karena kandungan mineral.

Perbedaan Air Mineral dan Sparkling Water (KlikDokter)

2. Teh Hitam dan Hijau

Keduanya berasal dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Warnanya berbeda karena daun teh hitam digulung kemudian terkena udara sehingga memicu proses oksidasi yang menyebabkan warna cokelat tua, serta memberikan intensitas rasa.

Sementara teh hijau harus menggunakan air sekitar 80ºC, dan kemudian harus direndam selama 1 hingga 2 menit saja. Selain itu, rasa teh hitam seringkali kuat, sedangkan rasa teh hijau lebih ringan.

3. Ubi dan Ubi Jalar

Ubi dan ubi jalar termasuk dalam dua famili tumbuhan yang berbeda. Perbedaan utamanya adalah ubi tidak hanya lebih manis daripada ubi jalar, tetapi juga tumbuh lebih besar (walaupun membawa lebih sedikit nutrisi).

Ada juga dua varietas ubi jalar, satu dengan kulit kuning muda dan daging kuning pucat, dan satu lagi yang lebih gelap dengan kulit lebih tebal, warna kemerahan, dan daging oranye terang (sering disalah artikan sebagai ubi).

Yang berkulit lebih terang, berbeda dengan yang lebih gelap, tidak manis dan memiliki tekstur kering dan rapuh. Bentuknya juga memanjang dan meruncing di ujungnya.

Di sisi lain, ubi memiliki kulit bersisik coklat atau hitam dan dapat menyerupai kulit pohon. Mereka umumnya memiliki daging putih, ungu, atau bahkan merah. Tidak seperti ubi jalar, ubi memiliki ujung yang membulat. Hayo ngaku baru tau, kan?

4. Pisang Buah dan Pisang Raja

Pisang memiliki bentuk yang panjang dan ramping serta dilapisi kulit yang tebal. Ada berbagai jenis, tetapi yang sering disebut sebagai "pisang" dalam budaya barat adalah yang manis dan kuning.

Saat mentah, mereka berwarna hijau, dan kulitnya sulit dikupas, tetapi setelah itu, warnanya berubah menjadi kuning cerah, dan kemudian berubah menjadi coklat tua (juga lebih mudah dikupas).

Sedangkan untuk pisang raja, bentuknya lebih besar dan lebih keras daripada pisang lainnya. Kulit mereka juga jauh lebih tebal, dan warnanya bervariasi dari hijau dan kuning hingga cokelat yang sangat gelap.

Perbedaan utama antara buah-buahan ini adalah pisang bisa dimakan mentah dan dimasak, sedangkan pisang raja hanya bisa dimakan dengan cara dimasak atau diolah terlebih dahulu. Pisang juga manis, tidak seperti pisang raja, yang bertepung.

5. Mentimun dan zucchini

Mentimun dan zucchini memiliki bentuk yang sama yakni silinder dan memiliki kulit hijau tua dan daging pucat sehingga sulit dibedakan. Namun, mentimun memiliki rasa yang ringan dan sedikit manis (karena kandungan airnya yang tinggi), renyah dan menyegarkan untuk dimakan mentah, serta kulit yang memiliki rasa bersahaja. Saat dimasak, timun kehilangan sedikit air tetapi tetap renyah.

Zucchini memiliki rasa yang lebih ringan, dan meskipun manis, rasanya juga sedikit pahit. Rasa manisnya muncul saat dimasak, yang juga melembutkannya. Karena itu, mereka empuk untuk digigit, baik dimasak maupun mentah.

Kamu dapat mengidentifikasi keduanya dengan penampilannya, karena zucchini memiliki batang kayu di satu ujung dan dapat memiliki bunga di ujung lainnya. Saat dipotong, mentimun berwarna hijau pucat, dan zucchini berwarna putih krem. Mentimun juga keras dan berlilin saat disentuh sedangkan zucchini lebih hangat dan kasar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"