Sejarah Kerupuk yang Ternyata Sudah Ada di Nusantara Sebelum Zaman Majapahit

Sejarah Kerupuk yang Ternyata Sudah Ada di Nusantara Sebelum Zaman Majapahit

Siapa yang nggak kenal dengan kerupuk. Mulai dari rakyat biasa maupun golongan elit pasti tahu makanan pendamping makan ini. Kerenyahannya membuat makanan yang sedang disantap menjadi lebih nikmat.

Kalian kadang bertanya-tanya nggak, dari mana asalnya kerupuk. Usut punya usut makanan yang harganya merakyat ini sudah ada sejak zaman dulu lho. Bahkan, ada keterangan sejarah yang menyebut kerupuk sudah ada jauh sebelum zaman Majapahit. Benarkah?

Sejarah krupuk yang sudah ada di Nusantara sebelum Majapahit (nationalgeographic.grid.id)

Dari penemuan para ahli sejarah, menyebutkan kalau kerupuk sudah ada di Pulau Jawa sejak abad ke-9 M. Cerita mengenai kerupuk tercatat di prasasti Batu Pura. Pada prasasti itu diterangkan mengenai jenis kerupuk rambak yang terbuat dari kulit sapi dan kerbau.

Hebatnya kerupuk jenis rambah ini masih bertahan sampai sekarang gengs. Jadi orang di masa seribu tahun yang lalu sudah menikmati kerenyahan krupuk persis seperti yang kita makan sekarang.

Ketika kerajaan Majapahit berjaya di abad ke-13, masyarakat Nusantara sudah mencicipi kuliner yang merakyat ini. Tentu hal ini dikuatkan dengan fakta bahwa petani di Nusantara banyak yang memelihara kerbau dan sapi. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"