Sejarah dan Resep Dasar Bikin Omelette Kesukaan Napoleon Bonaparte

Sejarah dan Resep Dasar Bikin Omelette Kesukaan Napoleon Bonaparte

Dalam salah satu referensi sejarah, omlette pertama kali di temukan oleh Bangsa Romawi yang memasak telur dadar pakai madu. Mereka menyebut masakan itu dengan nama ovemele. Secara harfiah diterjemahkan menjadi "telur dan madu".

Sejarah lain mengatakan bahwa Kata omelette berasal dari bahasa Perancis, dari kata 'oeuf' yang bermakna telur, dan 'laite' yang artinya susu.

Napoleon Bonaparte (forward.com)

Pada abad ke 18, seorang Jenderal Perang bernama Napoleon Bonaparte melintasi Perancis bagian selatan. Sang Jenderal memesan makanan khas daerah tersebut yang dikenal dengan nama omelet/telur.

Ternyata napoleon sangat menyukai makanan itu dan besoknya pesan lagi dalam jumlah besar untuk prajuitnya. Sejak itulah awal mula omelet telur mulai dikenal oleh masyarakat luas sampai saat ini. 

Omelet telur hampir ada di seluruh dunia. Saking populernya, omelette terbesar pernah dibuat di Jepang pada tahun 1994, menggunakan 160.000 butir telur, dan menghasilkan omelette sebesar 128.5 meter.

Bikin omelette sendiri (egg.ca)

Resep omelette buat kamu coba sendiri:

Bahan

3 telur

1 sdt minyak

1 sdt mentega

Metode

Bumbui telur, kocok dengan garam dan merica. Panaskan minyak dan mentega dalam teflon di atas api sedang-rendah sampai mentega meleleh.

Tuang telur ke dalam teflon, miringkan teflon sedikit dari satu sisi ke sisi lain untuk memungkinkan telur berputar dan menutupi permukaan panci sepenuhnya. Biarkan campuran matang selama sekitar 20 detik kemudian gosok garis melalui tengah dengan spatula.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"