Resep Tempe Mendoan Ala Kaki Lima Dan Asli Banyumas, Anti Gagal Yang Gampang Serta Praktis

Resep Tempe Mendoan Ala Kaki Lima Dan Asli Banyumas, Anti Gagal Yang Gampang Serta Praktis
Tempe Mendoan Asli Banyumas (Pinterest)

Bahan-bahan:

  • 10 buah Tempe Mendoan, siap pakai

  • 250 gram Tepung Terigu Protein Sedang

  • 50 gram Tepung Beras

  • 2 batang Daun Bawang, iris tipis hijaunya saja

  • 400 ml Air

  • Secukupnya Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 2 siung Bawang Putih

  • 3/4 sdt Ketumbar

  • 1 cm Kencur

  • Secukupnya Garam

Bahan Saus Cocolan:

  • 5 sdm Kecap Manis

  • 1 siung Bawang Putih, haluskan

  • 4 buah Cabai Rawit Merah, atau sesuai selera

  • 2 siung Bawang Merah, bisa skip jika tidak suka

  • Secukupnya Garam

Cara Membuat Tempe Mendoan Banyumas:

  1. Haluskan bumbu halus, bisa menggunakan blender atau ulekan. Setelahnya pindahkan ke wadah. Lalu, masukkan tepung terigu dan tepung beras, aduk sampai merata. 

  2. Tambahkan daun bawang dan beri air sedikit demi sedikit hingga semua bahan tercampur. Aduk terus dan pastikan adonan tidak menggumpal.

  3. Pastikan pula, adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair karena bisa merusak tekstur tempe mendoan. Panaskan minyak dalam jumlah banyak. 

  4. Setelah panas, masukan tempe mendoan yang sudah dibalut tepung. Masak sebentar atau sampai warnanya sedikit berubah. Angkat dan tiriskan. Lakukan langkah yang sama sampai semua adonan tempe mendoan habis.

  5. Yang membedakan adalah di saus cocolan tempe mendoan. Kamu bisa mencampurkan cabe rawit yang sudah diiris, bawang putih halus dan irisan bawang merah. Campurkan semua bahan dengan kecap dan aduk sampai rata. Tempe mendoan dan cocolannya siap disajikan.

Demikian resep tempe mendoan ala kaki lima dan resep tempe mendoan asli Banyumas yang bisa kamu buat di rumah. Selamat mencoba ya! 

Resep tempe mendoan punya beragam kreasi. Ada beberapa daerah yang memiliki resep tempe mendoannya tersendiri. Diketahui, tempe termasuk makanan khas Indonesia yang digemari masyarakat karena menyehatkan. Terbuat dari kacang-kacangan, tempe sering jadi makanan untuk orang yang sedang menjalankan diet rendah kalori atau juga vegetarian. 

Apalagi, banyak olahan makanan yang bisa dibuat dengan bahan dasar tempe. Tidak hanya untuk lauk, tapi tempe juga dapat dijadikan camilan. Salah satunya adalah tempe mendoan. Sebagai informasi, tempe mendoan adalah makanan khas dari Banyumas. 

Mendoan dianggap berasal dari kata mendo yang dalam bahasa Banyumas memiliki arti setengah matang atau lembek. Mendoan juga punya arti dimasak di minyak panas dengan cepat sehingga tidak benar-benar matang. 

Ada berbagai cara untuk menikmatinya bisa dengan mengigit cabe rawit utuh, disajikan dengan sambal kecap pedas atau sambal kacang. Biasanya, tempe mendoan dijadikan pendamping berbagai makanan  seperti pecel, nasi uduk, nasi goreng atau nasi liwet. Di beberapa daerah, tempe mendoan kerap dijadikan menu sarapan atau sajian saat ada perayaan.

Selain itu, tempe mendoan juga mudah ditemukan di pinggir jalan. Tapi selain itu, tempe mendoan juga banyak disajikan di restoran-restoran mahal atau bintang lama. Meski begitu, kamu juga bisa membuatnya di rumah. Banyak dari kamu mungkin bingung bagaimana caranya lantaran selalu gagal buat tempe mendoan. Memang tidak mudah membuat tempe mendoan. 

Hal ini karena mendoan memiliki ciri khas yang lembek dan warnanya terkesan tidak matang. Seiring dengan itu, kamu tidak perlu khawatir berikut sudah dirangkum tiga resep tempe mendoan anti gagal yang bisa kamu praktekkan di rumah. Simak artikelnya sampai habis ya!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"