Resep Makanan Super Menggoda yang Sering Muncul di Drama Korea

Resep Makanan Super Menggoda yang Sering Muncul di Drama Korea

Ya, dalam setiap drakor, pastinya ada adegan makan, dong?

Selain karena pemeran dan ceritanya yang romantis, makanan juga sering muncul dalam kebanyakan drama Korea. Ya, dalam setiap drakor, pastinya ada adegan makan, dong? 

Nah, makanan itu tuh yang suka bikin penonton jadi ngiler dan pengen ikutan coba. Saat ini memang sih di Indonesia udah banyak banget restoran Korea, tapi kamu juga bisa kok bikin sendiri makanan-makanan yang sering nongol di drakor.

Odeng

Odeng Fish cake ala Korea (livingnomads.com)

Bahan: 

● 150 gr ikan, dihaluskan

● 4 siung bawang putih

● 1/4 sdt garam

● Merica

● 1/4 sdm gula pasir

● 4 sdm air

● 1/2 sdm kaldu jamur

● 4 sdm tepung terigu

● 1 sdm maizena

● Minyak goreng

Kuah:

● 1 sdm ebi kering 

● 1 sdm kecap asin 

● 1 sdm bawang putih goreng

● 1 sdm bawang merah goreng

● 2 batang daun bawang, iris tipis

● Merica bubuk

● Garam

● Kaldu jamur

● 500 ml air

Cara membuat: 

● Untuk adonan odeng, haluskan bawang putih, garam, merica, dan gula.  

● Tuang bumbu di wadah, campurkan dengan  tepung terigu, maizena, ikan, 

● Beri sedikit air biar bisa jadi adonan

● Ambil adonan sedikit, pipihkan di atas plastik

● Potong memanjang

● Panaskan minyak, goreng odeng sebentar

● Setelah digoreng, tusuk odeng dengan tusukan sate

● Untuk kuahnya, didihkan air, lalu masukin bawang merah dan putih goreng, merica, kecap asin, ebi, daun bawang, dan garam

● Kalau rasanya udah pas, tinggal siram ke atas odeng

Kimchi

Kimchi Kelihatannya enak ya? (platingsandpairings.com)

Bahan-bahan:

● 1 sawi putih

● 1 buah wortel ukuran besar, iris korek api

● 2 buah daun bawang

● garam 

● 4 siung bawang putih

● 5 sdm cabai bubuk

● 1 sdm saus tiram

● 2 cm jahe, parut

● 2 sdm tepung terigu

● 1/2 buah bawang bombay

● 1 sdm udang ebi 

● Air 

Cara membuat:

● Potong sawi, garami secukupnya, diamkan 2 jam. Boleh ditambahkan air

● Haluskan bawang putih, bawang bombay, dan ebi, larutkan dengan air

● Panaskan air dan masukkan tepung terigu

● Aduk hingga jadi bubur atau pasta. 

● Campurkan dengan saus tiram, jahe dan cabai bubuk

● Masukan bumbu tersebut ke dalam sawi, tambahkan irisan dan wortel, aduk rata

● Campurkan bumbu cabai ke dalam sawi dan wortel. 

● Kimchi siap disantap

Tteokbokki

Tteokbokki Cemilan favorit di Korea (qraved.com)

Bahan:

● 250 gram tepung beras

● 3 sendok makan tepung tapioka

● air panas secukupnya

● garam secukupnya

● minyak goreng secukupnya

Saus:

● 5 siung bawang putih

● 2 sendok makan gochujang

● 2 butir bawang merah

● 2 buah cabai rawit

● 2 sendok makan gula pasir

● merica bubuk secukupnya

● garam secukupnya

● minyak goreng secukupnya

Pelengkap:

● 1 batang daun daun bawang, diiris halus

● 1 butir telur rebus setengah matang

● 1 sendok teh minyak wijen

● wijen sangrai secukupnya

● Bakso ikan

Cara membuat: 

● Campurkan tepung tapioka, tepung beras, dan garam. Aduk rata sambil menuang air panas 

● Uleni adonan, bentuk  seperti silinder dengan ketebalan sekitar 1 cm, potong-potong dua ruas jari

● Rebus adonan sampai mengambang, angkat dan tiriskan

● Haluskan bawang dan cabai, tumis sampai harum

● Masukin pasta  gochujang, air, gula, garam, dan merica, aduk rata

● Tambahkan adonan tteok dan bakso ikan, aduk rata sambil menuangkan minyak wijen

● Sajikan tteokbokki dengan taburan wijen, daun bawang, dan telur rebus 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"